Peristiwa Nasional Stop Mudik 2020

Pandemi Covid-19, Presiden RI Jokowi Bicara Dua Kelompok yang Dibolehkan Mudik

Jumat, 10 April 2020 - 06:30 | 149.08k
Presiden Jokowi. (FOTO: Dok/TI)
Presiden Jokowi. (FOTO: Dok/TI)
FOKUS

Stop Mudik 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden Jokowi menyadari besarnya risiko terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19) jika mudik diperbolehkan. Namun, kata Jokowi, ada dua kelompok yang tidak bisa dilarang mudik saat pandemi Covid-19.

"Ada dua kelompok pemudik yang tidak bisa begitu saja kita larang-larang karena ada juga yang pulang kampung karena alasan ekonomi," ujar Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan langsung oleh Sekretariat Presiden, Kamis (9/7/2020).

Kelompok pertama adalah warga yang terpaksa pulang mudik karena masalah ekonomi setelah penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kemudian, kelompok kedua adalah warga yang mudik karena tradisi.

"Kelompok pertama, warga yang terpaksa pulang kampung karena masalah ekonomi setelah diterapkannya pembatasan sosial sehingga penghasilan mereka turun atau bahkan tidak memiliki pekerjaan dan tidak memiliki penghasilan. Kelompok kedua adalah warga yang mudik karena tradisi yang sudah puluhan tahun kita miliki di negara kita Indonesia," tuturnya.

Kendati demikian, Jokowi menegaskan aturan itu bisa saja berubah. Jokowi mengatakan perihal mudik akan diputuskan lebih jauh setelah dilakukannya evaluasi di lapangan.

"Pembatasan dan kemungkinan adanya larangan mudik itu akan kita putuskan setelah melalui evaluasi evaluasi di lapangan yang kita lakukan setiap hari. Tetapi sekali lagi bahwa larangan untuk ASN, TNI dan Polri serta pegawai serta anak perusahaannya per hari ini bisa saya sampaikan," tandas Presiden Jokowi soal dua kelompok diperbolehkan mudik di tengah pandemi Covid-19(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Satria Bagus

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES