Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Dampak Covid-19, UPT Pasar Probolinggo Layani Belanja Online

Kamis, 09 April 2020 - 13:20 | 91.31k
Warga Kota Probolinggo, kini tak perlu belanja ke pasar, cukup manfaatkan pesan singkat WA. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Warga Kota Probolinggo, kini tak perlu belanja ke pasar, cukup manfaatkan pesan singkat WA. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Pasar Kota Probolinggo, Jawa Timur membuat inovasi baru. Untuk mendukung suksesnya pembatasan interaksi sosial akibat wabah virus corona (Covid-19) yang kini meluas, dibuat layanan berupa belanja daring atau online.

Diperuntukkan warga yang menerapkan social-physical distancing atau sedang melaksanakan work from home, dengan layanan ini, warga sudah bisa membeli apapun dari pasar hanya melalui pesan singkat WhatsApp.

Pasar-Online-Probolinggo.jpg

Mekanismenya, warga menuliskan daftar barang yang akan dibeli. Lalu mengirimkannya ke nomor server 'Blinjo' atau Belanja Jalur Online milik UPT Pasar Kota Probolinggo. Ada dua nomor server, yang disediakan untuk layanan ini.

Selain menuliskan barang pesanan, warga pemesan juga harus mengirimkan foto kartu tanda penduduk (KTP) untuk menghindari penipuan atau pemesan iseng.

Selanjutnya, daftar barang pesanan akan dikirimkan ke staf UPT yang ada di pasar terdekat dari si pemesan. Saat barang sudah dibeli dari pedagang di pasar, maka langsung diantarkan ke rumah pemesan.

"Ada sebelas pasar yang kami siapkan untuk melayani belanja online ini. Pembayaran bisa dilakukan saat barang sudah datang, maupun sebelum barang datang," terang Kepala UPT Pasar Kota Probolinggo, M. Arif Billah, Kamis (9/4/2020).

Layanan ini, hanya bisa dinikmati warga Kota Probolinggo mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB setiap harinya, atau sesuai jam operasional pegawai UPT Pasar.

Harga yang dibandrol untuk setiap barang pun sesuai dengan harga pasar. Pemesan hanya dibebani tambahan sebesar sepuluh ribu rupiah untuk ongkos kirim.

Dua hari dibuka, layanan ini mendapat respon cukup baik dari masyarakat Kota Probolinggo. Bagi warga yang tidak sempat ke pasar, atau sedang melaksanakan work from home, cukup antusias dengan layanan ini.

"Harapannya, melalui layanan ini, bisa mendukung suksesnya pembatasan interaksi sosial yang kini dicanangkan pemerintah. Sebagai ikhtiar untuk mengantisipasi meluasnya wabah virus corona," ujar Arif selaku Kepala UPT Pasar Kota Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES