Peristiwa Nasional Desa Aman Corona

Pemdes Cisetu Majalengka Gunakan Dana Desa untuk Cegah Covid-19

Rabu, 08 April 2020 - 17:28 | 255.41k
Kepala Desa Cisetu, Iwan Kriswana. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Kepala Desa Cisetu, Iwan Kriswana. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
FOKUS

Desa Aman Corona

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Pemerintah Desa Cisetu, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mengaloksikan dana desa untuk pencegahan penularan virus corona (covid-19). Pemdes mengalokasokan total anggaran senilai Rp65 juta.

Kepala Desa Cisetu Iwan Kriswana mengatakan, dana tersebut diantaranya digunakan untuk pembelian sejumlah peralatan medis. Adapun dalam pelaksanaannya, Pemdes setempat telah membentuk posko relawan yang terdiri dari elemn masyarakat desa.

Iwan-Kriswana-2.jpg

"Kami telah membentuk posko pencegahan Corona di desa kami. Alokasinya dari pagu dana desa yang masuk ke APBDesa Tahun 2020 sebesar sekitar Rp 65 juta," ungkap Iwan melalui pesan singkat saat dihubungi TIMES Indonesia, Rabu (8/4/2020).

Adapun beberapa peralatan yang diperlukan untuk pencegahan wabah corona diantaranya hand sanitizer, thermo infrared, masker, disinfectant spray dan Alat Pelindung Diri (APD). Selain itu, dana desa tersebut juga digunakan untuk operasional posko serta penyediaan bantuan pangan (sembako) bagi warga terdampak.

"Untuk jumlah penduduk di Desa Cisetu hingga sampai bulan Maret 2020 ini, sekitar 4.560 jiwa dan ini akan menjadi komitmen kami untuk serius melindungi warga dari penyebaran virus corona," ucapnya.

Iwan-Kriswana-3.jpg

Iwan menambahkan, untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Desa Cisetu, hingga Rabu (8/4/2020) tercatat sebanyak 124 orang yang terdiri dari 109 laki-laki dan 15 perempuan. Mereka merupakan perantau yang mudik ke Desa Cisetu dan berasal dari wilayah Jabodetabek dan sekitarnya serta TKI dari Malaysia.

"Kendati demikian, mereka yang masuk dalam ODP sudah kita periksa satu persatu kesehatannya dan diminta untuk mengisolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari," ujar dia.

Iwan menambahkan, mencegah wabah corona, pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat. Seperti, mesjid, mushola, kantor desa, pos kamling dan sejumlah tempat lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES