Pendidikan

Kuliah Daring, UB Subsidi Kuota Internet Mahasiswa

Rabu, 08 April 2020 - 11:14 | 151.68k
Gedung perkuliahan Universitas Brawijaya (UB). (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Gedung perkuliahan Universitas Brawijaya (UB). (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sistem pembelajaran daring atau online yang dilakukan di Universitas Brawijaya (UB) Malang didukung pemberian paket subsidi kuota internet bagi mahasiswa.

UB memberlakukan sistem kuliah online untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Pembelajaran daring diimplikasikan melalui kuliah online, ujian tengah semester, ujian akhir semester bahkan tahapan ujian tesis dan disertasi.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Aulanni'am mengatakan bahwa sistem pembelajaran daring atau online sudah dilakukan sejak lama oleh UB dalam bentuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau teleconference.

"Sehingga ketika ada kebijakan pemerintah untuk memberlakukan kuliah daring pada saat merebaknya COVID-19, UB sudah mempunyai kesiapan baik segi fisik maupun SDMnya," katanya

Kata Aul, mahasiswa banyak yang protes karena pembelajaran dengan sistem daring menghabiskan kuota internet terutama yang menggunakan video.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, UB bekerjasama dengan operator telkomsel dan Indosat Ooredoo menyediakan kuota 30 GB bagi mahasiswa yang melaksanakan kuliah daring. 

Untuk menunjang sistem pembelajaran daring, UB sudah mempunyai VLN dan fasilitas e-learning lain, seperti Google classroom, webex, Google meet, dan zoom.

"Program zoom saat ini sangat efektif untuk diterapkan pada proses tahapan ujian disertasi dan tesis pada saat merebaknya COVID-19 seperti saat ini," katanya.

Pemberlakuan kuliah daring di Kampus UB ini telah berlangsung lama, sejak merebaknya wabah Corona. Tak hanya kuliah, kegiatan yang berbasis massa seperti seminar dan diskusi semuanya dialihkan melalui media daring. Langkah ini untuk mencegah penyebaran Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES