Kesehatan

5 Fakta Tentang Madu

Rabu, 08 April 2020 - 04:14 | 176.20k
Madu. (Foto: facetofeet.comd)
Madu. (Foto: facetofeet.comd)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMadu dikenal sebagai sumber pemanis alami yang mampu membuat masakan atau makanan yang akan dimakan terasa lebih nendang. Namun, tahukah anda manfaat lain dari madu?

Dilansir dari SELF berikut 5 fakta tentang madu yang perlu anda ketahui.

1. Kaya antioksidan

Tahukah anda bahwa semakin gelap warna madu, maka semakin banyak pula antioksidan yang dikandung di dalamnya? Nah sekarang anda tahu bukan?

Antioksidan ini berperan membantu menghambat kerusakan sel akibat penyakit tertentu seperti kanker, penyakit jantung dan banyak lagi.

2. Menyembuhkan luka sayatan atau terbakar

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan madu hangat pada luka sayatan atau luka bakar dapat mempercepat penyembuhan luka tersebut.

3. Menyembuhkan batuk

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa batuk pada anak akan berkurang setelah si anak diberi minum madu hangat. Setelah meminum madu hangat sang anak akan lebih tenang dan merupakan tenggorokannya lebih lega.

4. Lebih manis dari gula

Dalam satu sendok makan, madu mengandung 20 kalori dan 5 gr gula tanpa lemak. Sedangkan gula pada umumnya mengandung 40 kalori dan 8 gr gula setiap sendok makan.

5. Dapat membantu menurunkan berat badan

Jika anda sedang ingin menurunkan berat badan ada baiknya anda mengganti asupan gula anda dengan madu. Namun, usahakan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 6 sendok madu sehari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES