Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Lazisnu Jatim Bagikan Seribu APD untuk Membantu Perjuangan Tenaga Medis

Selasa, 07 April 2020 - 19:54 | 36.81k
Lazisnu Jatim menyerahkan bantuan 1000 APD kepada tenaga medis RSUD dr Soetomo, Selasa (7/4/2020). (Foto: Istimewa)
Lazisnu Jatim menyerahkan bantuan 1000 APD kepada tenaga medis RSUD dr Soetomo, Selasa (7/4/2020). (Foto: Istimewa)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Satuan Tugas Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur Tanggap Covid-19 melalui NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah (LAZISNU) Jawa Timur dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Jatim membagikan seribu APD (Alat Pelindung Diri).

Pemberian APD secara gratis ini berasal dari masyarakat yang mendonasikan sebagian hartanya untuk mendukung perjuangan tenaga medis melawan Covid-19.

"Kita tahu, kelangkaan APD sangat dikeluhkan oleh tenaga medis, sebab mereka yang menangani pasien Covid-19 bagaikan perang tanpa senjata. Alhamdulillah masyarakat merespon positif penggalangan dana yang kami lakukan," kata A Afif Amrullah, Ketua NU Care LAZISNU Jawa Timur, Selasa (7/4/2020).

Afif Amrullah menambahkan, 1000 APD ini dibagikan ke sejumlah rumah sakit, terutama yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di Jawa Timur.

"Saat ini kami membagkian APD tahap pertama di Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo, RSI Jemursari Surabaya dan RSUD Dr Soetomo Surabaya," jelasnya.

Prof. dr Rochmad Romdhoni, Direktur RSI Jemursari Surabaya mengucapkan terimakasih kepada para donatur, APD ini sangat dibutuhkan para dokter.

"Dengan adanya bantuan APD ini sangat membantu para dokter menangani pasien Covid-19 ini," kata dokter spesialis penyakit dalam itu saat menerima bantuan APD dari PWNU Jatim.

Sementara Bag Instalasi Farmasi RSUD Dr Soetomo, Mariyatul Qibtiyah sangat mengapresiasi gerakan kemanusiaan yang dilakukan oleh Satgas NU Jawa Timur.

"APD ini sangat membantu para dokter, karena merekalah garda terdepan dalam penanganan pasien Covid 19," terangnya.

Dokter H Hidayatullah, Direktur RSI Siti Hajar Sidoarjo mengatakan, di RSI Siti Hajar sendiri menyediakan APD untuk 3 hingga 4 hari. Setiap harinya APD yang dibutuhkan sekitar 10 hingga 15 buah. Padahal merawat pasien paling tidak dibutuhkan 10 hingga 14 hari.

"Jika setelah itu tidak ada stok tambahan, kami sangat kesulitan untuk merawat pasien,” ungkap Hidayatullah. 

Sementara dr Edi Suyanto, Sp.F, Ketua Satgas NU Jatim Tanggap Covid 19 mengungkapkan bantuan diberikan oleh PWNU Jawa Timur kepada rumah sakit yang telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai rumah sakit rujukan Covid-19. Dengan harapan, APD tersebut dapat digunakan tim medis maupun dokter saat menangani pasien Covid-19.

Program kemanusian membantu para dokter berjuang melawan Covid 19 ini terus berjalan.

"Kami masih membuka peluang kepada siapapun untuk bergabung membantu melindungi para pahlawan medis ini melalui donasi online di www.s.id/pahlawanmedis," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES