Peristiwa Daerah

DLH Kota Cirebon Buka Peluang CSR untuk Pengembangan Lahan Bekas TPS

Selasa, 07 April 2020 - 19:47 | 44.68k
Taman Sehati, salah satu program CSR yang mengubah lahan bekas TPS menjadi taman di Jalan Wahidin Kota Cirebon.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia).
Taman Sehati, salah satu program CSR yang mengubah lahan bekas TPS menjadi taman di Jalan Wahidin Kota Cirebon.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, CIREBON – Dinas Lingkungan Hidup (DLH Kota Cirebon) membuka seluas-luasnya kepada banyak pihak, untuk membantu dalam program CSR dalam mengembangkan lahan bekas TPS. Dalam hal ini, TPS di Jalan Cipto Mangunkusumo dan Jalan Tuparev Kota Cirebon.

Kepala DLH Kota Cirebon, Abdul Syukur menjelaskan, saat ini kedua TPS tersebut akan ditutup dan akan digantikan dengan TPS Mobile. Untuk itu, lahan bekas TPS tersebut akan dijadikan sebuah taman yang bisa digunakan oleh masyarakat umum.

"Dalam waktu dekat ada 2 TPS yang akan ditutup, yakni di Jalan Cipto dan Gunung Sari," ujar Syukur kepada TIMES Indonesia, Selasa (7/4/2020).

Syukur melanjutkan, untuk itu dirinya membuka seluas-luasnya bagi banyak pihak, yang mau berpartisipasi dalam program CSR, dalam membuat sebuah taman di bekas TPS tersebut.

"Kami berharap, beberapa pihak mau membantu Pemerintah Kota Cirebon dalam program CSR-nya," ungkapnya.

Adapun untuk pengambilan sampahnya, lanjutnya, akan dilakukan dengan kendaraan convector yang saat ini sedang dalam proses lelang. Dengan kendaraan convector tersebut, maka kapasitas sampah yang diangkut lebih besar dibandingkan dengan truk sampah biasa.

Nantinya, convector tersebut akan membawa sampah-sampah terlebih dahulu ke tempat daur ulang sampah di Dukuh Semar. Setelah dipilah, residunya baru dibuang ke TPA di Kopi Luhur Argasunya.

Untuk saat ini, baru 1 unit convector yang akan dioperasikan setelah lelang. Rute pengambilan sampahnya berada di jalur Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Wahidin, Jalan Slamet Riyadi, Jalan Siliwangi, Jalan Karanggetas, Jalan Pekiringan, Jalan Petratean, Jalan Lawanggada, Jalan Kesambi, Jalan Sudarsono, Jalan Pemuda, dan Jalan Terusan Pemuda. "Ke depannya akan ada 4 unit yang bisa melayani 4 wilayah di Kota Cirebon," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES