Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Wali Kota Solo Usul Pilkada Serentak Diundur 2024, Ini Alasannya

Selasa, 07 April 2020 - 19:44 | 26.13k
Jumpa pers penanganan covid-19 dengan Wali kota dan jajarannya, Selasa (7/4/2020). (foto: Muhamad Shidiq/TIMES Indonesia)
Jumpa pers penanganan covid-19 dengan Wali kota dan jajarannya, Selasa (7/4/2020). (foto: Muhamad Shidiq/TIMES Indonesia)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, SOLO – Wali kota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo mengusulkan agar pilkada serentak 2021 diundur pelaksanaannya pada tahun 2024.

Usulan itu muncul di tengah ditundanya proses Pilkada 2020 akibat munculnya pandemi virus corona di Indonesia saat ini.

‘’Saya usulkan, kalau memang ada penundaan pilkada, ditunda sekalian di 2024. Proses pemilihan serentak dibagi tiga. Pertama, pileg anggota DPRD dan pemilihan bupati/wali kota. Kedua, pemilihan gubernur dan DPRD provinsi. Tiga, pilpres dan pileg DPR RI. Serentak hanya berbeda pelaksanaan,’’ terang wali kota saat jumpa pers penanganan covid-19 Kota Solo, Selasa (7/4/2020).

Jumpa-pers-penanganan-covid-19-b.jpg

Wali kota yang akrab dipanggil Rudy tersebut memberi alasan usulannya. Yakni, apabila pilkada serentak 2020 ditunda sampai 2021 akan ada persoalan mengenai siapa yang akan mendaftar maju Pilkada mengingat sempitnya waktu pelaksanaan pilkada serentak berikutnya yang sudah terjadwal yaitu 2024.

‘’Pilkada 2021 dan dilantik 2022,  banyak yang daftar atau tidak? Risikonya di situ. Kalau yang menang itu orang baru, nanti adaptasinya  bagaimana? Yang buthuk PNS-e (yang pusing PNS). Setelah itu tahun 2024 pilkada lagi, ’’ terang Rudy.

Pemikiran wali kota ini muncul saat awak media menanyakan tentang dana pilkada apakah bisa dialihkan untuk penanganan penanggulangan covid-19.

Terkait dana pilkada, diakui Rudy, anggarannya cukup signifikan jumlahnya. Sekitar Rp 21 miliar. Namun kalau dana tersebut dialihkan untuk penanggulangan corona atau covid-19, menunggu Perppu dari presiden.

‘’Kita menunggu perppu dari presiden dulu,’’ ujar wali kota. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Solo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES