Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Kepala BPBD NTB: Ayo Gunakan Masker!

Senin, 06 April 2020 - 20:08 | 64.72k
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB H. Ahsanul Khalik.(Foto: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB H. Ahsanul Khalik.(Foto: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, MATARAMKepala BPBD NTB H. Ahsanul Khalik mengimbau seluruh masyarakat di wilayah NTB memakai masker ketika berkegiatan di luar rumah, tanpa terkecuali.

Hal itu menindak lanjuti edaran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mendorong semua orang memakai masker guna mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

"Peningkatan kasus Covid-19 di Provinsi NTB memerlukan langkah bersama dari tiap warga untuk mengurangi potensi penularan antar orang," ujar Ahsanul, di Mataram, Senin (6/4/2020).

"Saya sendiri, selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa kecuali," sambungnya.

Selain itu, Ahsanul meminta masyarakat tetap mengutamakan berada di rumah, menjaga jarak aman, sering mencuci tangan dengan sabun dan melaksanakan etika batuk dan bersin.

"Bagi yang ingin membantu sesama warga, maka bantulah dengan mengadakan, memproduksi dan membagikan masker kain. Bagi pengurus wilayah (Ketua RT, RW, Kader PKK dan lain-lain) mengingatkan warga untuk selalu menggunakan masker di luar rumah," ucapnya.

Menurut Ahsanul, Gubernur NTB Zulkieflimansyah juga telah meminta pada para bupati dan walikota di NTB agar mulai mengimbau masyarakatnya menggunakan masker juga mengungkap hal serupa.

"Pak Gubernur meminta pak bupati dan wali kota agar membantu sosialisasi masif terkait imbauan menggunakan masker ini. Jadi, jika nantinya berlanjut kepada penegakkan terhadap pembengkangan pada imbauan itu, maka hal itu merupakan domain para bupati dan walikota untuk melakukannya," tandasnya.

Ahsanul menambahkan, Pemprov NTB telah menyiapkan jutaan masker bagi warga NTB. Sedangkan, dana pengadaannya berasal dari biaya tidak terduga APBD.

"Nanti, pengadaan dan pendisrtibusiannya ke masyarakat akan dilakukkan oleh Dinas Koperasi dan UKM provinsi NTB, karena pembuatan masker dilakukan oleh IKM kita di daerah. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Kepala BPBD NTB Ahsanul Khalik.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES