Kesehatan

Kandungan Alami Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 06 April 2020 - 17:37 | 76.24k
Illustrasi: Buah Naga. (Photo: Istomewa)
Illustrasi: Buah Naga. (Photo: Istomewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTABuah naga adalah buah tropis yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Teksturnya yang berair dan kaya akan gizi membuat buah ini cukup populer di dunia. Beberapa orang di Timur Tengah menyebut buah ini sebagai pitaya.

Terlepas dari popularitasnya, tahukah Anda bahwa buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan? Menurut helathline, berikut adalah manfaat mengkonsumsi buah naga.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dan karoten yang tergantung dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

2. Mengurangi resistensi insulin

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa varietas buah naga merah dan putih telah terbukti mengurangi resistensi insulin dan lemak dalam liver tikus obesitas.

Srbuah penelitian yang diterbitkan di PLoS One pada tahun 2017 menunjukkan penurunan kadar glukosa plasma puasa (FPG) pada peserta yang tergolong prediabetes. Namun, peserta yang menderita diabetes tipe-2 tak mengalami perubahan apa pun pada FPG.

3. Meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh

Zat besi berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Buah naga merupakan buah yang dapat meninggkatkan kadar sat besi dalam tubuh. Satu mangkuk bush naga mengandung 8% kebutuhan asupan harian. Bahan makanan lain yang kaya zat besibantara lain daging, ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan sereal.

4. Kaya akan magnesium

Tubuh kita membutuhkan magnesium. Magnesium berperan dan digunakan dalam hampir setiap reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh kita misalnya dalam proses penguraian makanan menjadi energi. Semangkuk Buah naga mengandung 18 persen magnesium yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES