Indonesia Positif

Belajar Dari Rumah, UWG Malang Bentuk Tim Pembelajaran Daring

Senin, 06 April 2020 - 11:17 | 40.29k
Ujian skripsi by daring di Fakultas Hukum. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Ujian skripsi by daring di Fakultas Hukum. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pembelajaran Daring yang dilakukan oleh para dosen di Kampus Inovasi UWG Malang pada pekan pertama (16-21/3) berlangsung dengan banyak versi.

Zulkarnain, SH, MH, Ketua Program Studi Ilmu Hukum FH UWG, yang sebelumnya sudah mengawali metode ini sebelum merebaknya Covid-19, langsung diserbu para dosen untuk berguru. Istilah Zoom Cloud Meeting diplesetkan menjadi Zool Cloud Meeting.

Hasilnya, masih sangat terbatas dosen yang mampu menerapkannya. Banyak alasan dikemukakan, yang paling klasik disebutkan adalah terkait dengan jaringan internet, dan kasihan mahasiswa harus mengeluarkan dana tambahan untuk pulsa internet. 

Tetapi beberapa dosen muda dengan semangat bercerita bahwa metode itu bagus, para mahasiswa juga antusias mengikuti, dosen dapat berinteraksi langsung dengan mahasiswa dan masih banyak lagi alasan-alasan positif yang disampaikan.

Menyikapi komentar adanya dana tambahan yang dijadikan alasan oleh sementara dosen yang “care” kepada mahasiswa, Rektor UWG Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT berharap bahwa semua pihak menyikapinya bahwa dana tambahan pembelian pulsa internet yang harus dikeluarkan sebagai kompensasi dari dana transportasi yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa karena mahasiswa tidak harus datang ke kampus.

“Sebetulnya tidak harus seperti itu. Dengan belajar di rumah, mahasiswa tidak harus mengeluarkan dana transportasi dan jajan. Ini bisa dialihkan untuk menambah jumlah paketan. Banyak metode yang dapat dilakukan tanpa harus menambah beban satu dan lainnya misalnya WA grup,” tanggap Agus Tugas.

Rektor yang Dosen Teknik Sipil ini juga menambahkan bahwa metode pembelajaran daring di lembaga yang dipimpinnya diakuinya memang masih dalam tahapan ketentuan yang mengijinkan menggunakan berbagai metode yang ada dalam rangka menindaklanjuti instruksi pemerintah agar para mahasiswa stay at home dan melakukan studying at home. 

Berbagai metode dapat dilakukan, misalnya upload materi di SIM Akademik, video toturial, program e-learning KWROH, Google Classroom, mailing list, WA Group, Skype dan lain-lain.  

UWG Malang sudah membentuk Tim Pembelajaran Daring yang dalam waktu cepat akan segera merumuskan metode yang akan diberlakukan untuk seluruh dosen,” tambahnya semangat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES