Peristiwa Daerah

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan pada 24 April 2020

Senin, 06 April 2020 - 15:07 | 80.65k
Ketua Muhammadiyah Pagaralam H DImyati Rais. (FOTO: Istimewa)
Ketua Muhammadiyah Pagaralam H DImyati Rais. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PAGARALAMMuhammadiyah telah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1441 Hijriah akan jatuh pada Jumat 24 April 2020. Sedangkan 1 Syawal 1441 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 24 Mei 2020.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pagaralam, Sumatra Selatan, H A Dimyati Rais, mengatakan, hal ini berdasarkan hasil musyawarah Majelis Tajrih dan Tajdid Pengurus Pusat Muhammadiyah, sekaligus hisab hakiki wujudul hilal warga Muhammadiyah.

"Keputusan ini akan diteruskan dengan surat edaran yang diumumkan ke sejumlah sekolah Muhammadiyah dan organisasi Muhammadiyah lain," ucapnya, Senin (6/4/2020). 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pagaralam sekaligus Ketua NU Kota Pagaralam, H Win Hartan melalui Sekretaris NU, H Silahudin, mengatakan, penetapan awal puasa NU Kota Pagaralam tetap berpedoman pada hasil sidang isbat NU. Namun berdasarkan kalender, diprediksi penetapan awal puasa oleh NU sama dengan yang ditetapkan Muhammadiyah, yakni pada 24 April 2020. “Berharap semua umat muslim dapat menjalaninya dengan penuh khusyuk sebagai ladang mencari amal ibadah, sedangkan bagi masyarakat lainnya yang tidak menjalankan ibadah puasa hendaknya dapat bertoleransi dengan menghormati bulan suci Ramadhan,” ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES