Indonesia Positif

Ditengah Wabah Covid-19, ITNY Gelar Kuliah Praktek Secara Online

Minggu, 05 April 2020 - 10:43 | 149.46k
Suasana perkuliah praktek yang dilakukan secara online yang diselenggarakan oleh Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITNY. (FOTO: Ridayati/TIMES Indonesia)
Suasana perkuliah praktek yang dilakukan secara online yang diselenggarakan oleh Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITNY. (FOTO: Ridayati/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Bencana Nasional Covid-19 tak menghalangi civitas akademika Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), sebelumnya STTNAS Yogyakarta, melakukan kuliah praktek. Kegiatan perkuliahan praktek oleh Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) pada semester genap 2019/2020 tersebut diselenggarakan secara online.

 Studio Wilayah dilaksanakan bersama dengan PWK ITN Malang (join studio) dengan tema Tata Ruang Tanggap Bencana untuk Wilayah Kabupaten Malang. Dalam perkuliahan ini produk yang dihasilkan akan memuat rencana tata ruang wilayah dengan penekanan pada kesiapan struktur wilayah dalam menghadapi kondisi darurat bencana, termasuk bila harus dilakukan karantina wilayah seperti saat ini.

“Jadi, kuliah praktek yang dilaksanakan bagian dari merespon kondisi yang terjadi di negara kita Indonesia yang sedang dilanda wabah Covid-19,” kata Arief Setiawan ST, MT, dosen PWK ITN Malang dalam siaran pers kepada Humas ITNY, Minggu (5/4/2020).

Daftar-INTY.jpg

Kepala Humas ITNY, Ridayati mengatakan dalam kondisi biasa, pelaksanaan mata kuliah bersama ini meliputi kegiatan survei lapangan, penyusunan produk studio dan presentasi yang dilakukan secara bersama-sama. Namun, karena situasi yang terjadi saat ini sedang ada wabah Covid-19, metode pengumpulan data dilakukan secara online. Yaki, dengan menyimak penjelasan dari narasumber yaitu Arief Setiawan ST MT, dosen PWK ITN Malang.

Dalam perkuliahan praktek lapangan ini dilaksanakan dua kali. Yakni, pada Kamis, 3 April 2020 dan selanjutnya akan dilaksanakan pada minggu ke-3 pada April mendatang. Dengan adanya kuliah praktek secara online ini para mahasiswa sangat terbantu.

“Sebab, paparan tersebut dapat melengkapi data yang telah diperoleh melalui survei internet sebelumnya,” terang Kepala Humas ITNY, Ridayati ketika menjelaskan bahwa kuliah praktek tetap dilaksanakan secara online ditengah wabah Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES