Indonesia Positif

Cegah Covid- 19, BBPP Batu Terapkan Protokol Kesehatan

Minggu, 05 April 2020 - 08:01 | 141.35k
Poster BBPP Batu Cegah COVID-19.
Poster BBPP Batu Cegah COVID-19.

TIMESINDONESIA, BATUBBPP Batu turut menjalankan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan covid- 19 yang disampaikan oleh Kementerian Pertanian RI.

Merujuk pada Keputusan Presiden No 7 Tahun 2020 dan Surat Edaran Menpan - RB No 19/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Instansi Pemerintah, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan langkah strategis mencegah dan melindungi pegawai dari penyebaran wabah Corona.

"Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian, Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu menempuh langkah strategis dalam pembatasan aktivitas manusia dengan ketentuan Bekerja Dari Rumah atau Working From Home (WFH) sejak 19 Maret 2020," kata Kepala BBPP Batu, Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si di ruang kerjanya.

Lebih lanjut ditegaskan sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Nomor 1044/SE/KP.370/A/03/2020 tentang Pelaksanaan Tugas Kedinasan di Lingkungan Kementerian Pertanian Dalam Rangka Pencegahan dan Perlindungan dari Wabah Penyakit Virus Corona (Covid-19) dijelaskan apabila karena sesuatu keadaan yang mendesak dan sangat penting, pegawai yang bertugas secara WFH dapat keluar rumah dengan persetujuan/izin dari atasan langsungnya.

BBPP-Batu-Cegah-COVID-19.jpg

"Saat keluar rumah, seluruh pegawai BBPP Batu harus tetap hati-hati untuk meminimalkan risiko terpapar virus Corona. Selalu menjaga diri, kesehatan, serta kebersihan jika terpaksa harus keluar rumah," tegas Dr. Wasis.

Ditambahkan selalu menggunakan alat pelindung diri ketika ingin keluar rumah, seperti memakai masker dan membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen.

Perhatikan juga imbauan yang diberikan pemerintah, seperti menjaga jarak atau physical distancing dengan orang lain minimal satu meter.

Berikut ini Protokol Keluar Rumah sebagai langkah #pertaniancegahcorona bersumber dari Kementerian Kesehatan RI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dirangkum dari Klik Dokter:

1. Pakai jaket atau baju lengan panjang.
2. Tidak perlu memakai aksesoris, seperti gelang, cincin, anting.
3. Kalau mau pakai masker, pakailah sebelum keluar rumah. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu secara sempurna.
4. Diusahakan untuk tidak menggunakan transportasi umum.
5. Pakai tisu ketika ingin menyentuh benda atau permukaan apapun.
6. Buang sapu tangan atau tisu setelah digunakan ke tempat sampah.
7. Jika ingin bersin atau batuk, lakukan etika yang benar, gunakan siku untuk menutupi percikan droplet.
8. Usahakan menggunakan transaksi non-tunai, karena uang bisa menjadi media penyebaran virus corona.
9. Lakukan cuci tangan dengan bersih setelah menyentuh benda atau permukaan apapun dan gunakan hand sanitizer jika kesulitan menemukan tempat mencuci tangan.
10. Jangan menyentuh wajah ketika tangan belum benar-benar bersih.
11. Jaga jarak atau physical distancing dengan orang lain minimal satu meter.

"Semoga kita semua terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk virus corona yang dinyatakan terdeteksi di Indonesia" tutup Dr. Wasis Sarjono, S.Pt. M.Si, Kepala BBPP Batu. (*)

#PertanianTidakBerhenti
#PertanianCegahCovid19

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES