Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Cegah Covid-19, Ini Langkah Kades Kambingan Barat Sumenep

Jumat, 03 April 2020 - 17:28 | 111.06k
Penyemprotan disinfektan di Desa Kambingan Barat, Lenteng, Sumenep, Jumat (3/4/2020). Pemerintah Desa Kambingan Barat bekerja sama dengan pihak Dandim, Polsek dan petugas Kesehatan Kecamatan Lenteng. (Foto: Kades Kambingan Barat)
Penyemprotan disinfektan di Desa Kambingan Barat, Lenteng, Sumenep, Jumat (3/4/2020). Pemerintah Desa Kambingan Barat bekerja sama dengan pihak Dandim, Polsek dan petugas Kesehatan Kecamatan Lenteng. (Foto: Kades Kambingan Barat)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Upaya mencegah penularan Covid-19 atau Virus Corona mewabah di Sumenep tidak saja dilakukan pemerintah tingkat kabupaten. Pemerintah desa di Sumenep juga bekerja melindungi warga desa agar aman dari Covid-19. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Kepala Desa Kambingan Barat, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Sejak, pemerintah pusat menetapkan Covid-19 jadi Pandemi Nasional, Kepala Desa Kambingan Barat, A Zainuddin langsung bergerak. Pendataan warga Desa Kambingan Barat yang melancong dan bekerja keluar daerah menjadi sasarannya. Terutama warga desa yang berada di Zona merah.

Sumenep-Disinfektan-2.jpg

"Hal ini kami lakukan untuk melindungi warga Kambingan  Barat dari virus corona. Selain itu, kami juga tidak ingin virus itu masuk ke desa kami," kata Zainuddin, Jumat (3/4/2020).

Hari ini, aparatur desa bekerja sama dengan Polsek, Dandim, serta petugas kesehatan dari kecamatan melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah balai desa, polindes, masjid, musala, serta lembaga pendidikan yang ada di Desa Kambingan Barat.

Sumenep-Disinfektan-3.jpg

Sosialisasi keliling soal bahaya Covid-19, serta upaya pencegahannya juga gencar dilakukan dengan menggunakan odong-odong. Tidak hanya itu, setiap ada perantau yang pulang, Pemerintah Desa Kambingan Barat melakukan cek kesehatan dan penyemprotan disinfektan.

"Hal ini untuk memastikan agar mereka, meski dalam kondisi sehat tidak menjadi konduktor virus corona bagi keluarganya di rumah. Beberapa hari yang lalu, santri yang pulang dari pondok juga kami cek," paparnya.

Terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Zainuddin berharap keterlibatan warga Desa Kambingan Barat dan semua pihak bekerja sama dan mengikuti protap yang sudah dibuat pemerintah desa. Seperti melaporkan setiap warga yang pulang dari perantauan utamanya warga yang berada di zona merah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES