Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Pemdes Paguan Semprot Disinfektan ke Rumah Warga

Jumat, 03 April 2020 - 00:25 | 63.84k
Posko siaga Covid-19 Desa Paguan Kecamatan Taman Krocok. Petugas di Posko itu, stand by 24 jam (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Posko siaga Covid-19 Desa Paguan Kecamatan Taman Krocok. Petugas di Posko itu, stand by 24 jam (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pencegahan wabah Covid-19 di Bondowoso, juga sudah menjadi atensi Pemerintahan Desa (Pemdes). Salah satunya salah satunya Pemdes Paguan, Kecamatan Taman Krocok.

Pemerintah Desa tersebut, bersama pihak terkait, rutin melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga setiap minggu sekali.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi desa, untuk memerangi dan memutus mata rantai penyebaran virus asal Wuhan tersebut.

Kepala Desa Paguan, M Hanan mengatakan, bahwa penyemprotan disinfektan ini, untuk pencegahan Covid-19 sedini mungkin.

“Sehingga dengan dilakukan penyemprotan seperti ini, bakteri dan virus yang melekat di benda-benda menjadi mati,” katanya.

Menurutnya, penyemprotan dilakukan setiap minggu, dan pindah dari satu dusun ke dusun yang lain.

Hari ini pihaknya melakukan penyemprotan dari RT 01 sampai RT 12 dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat yang tergabung dalam relawan Desa Covid-19.

"Ini sebagai wujud kecintaan kami terhadap masyarakat agar terhindar dari virus Corona ini," katanya di lokasi penyemprotan, Kamis (2/4/2020).

Selain relawan kata dia, Pemdes juga dibantu oleh Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Paguan, untuk mengedukasi dan mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perkumpulan, serta tidak keluar rumah.

“Bersama-sama untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini. Diharapkan khususnya warga kami tidak ada yang terjangkit virus yang sangat mengerikan ini," tuturnya.

Adapun anggaran yang digunakan untuk penyemprotan disinfektan serta pembelian APD, dianggarkan di Dana Desa.

Di mana kata dia, hal itu sesuai dengan Perpres dan juga surat edaran Bupati Bondowoso, yakni dana desa bisa digunakan untuk pencegahan Covid-19.

Selain itu, pihaknya juga  memberikan masker gratis. Walaupun harganya cukup mahal. "Namun tetap kita beli demi keselamatan warga Desa Paguan. Di fasilitas umum kita sediakan tempat cuci tangan," jelasnya.

Selain itu, dalam siaga Corona ini, Pemdes Paguan sudah menyiapkan posko Covid-19. Di mana para relawan siaga 24 jam di Posko tersebut. “Kami cantumkan kontak person. Bila sewaktu-waktu dibutuhkan langsung gerak cepat. Tentunya dengan begitu, kami memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES