Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Realisasikan Program Gratis Listrik Tiga Bulan, Ini Syarat dan Ketentuannya

Kamis, 02 April 2020 - 23:55 | 245.65k
Manager PLN Bontang, Alimuddin. (Foto: Istimewa)
Manager PLN Bontang, Alimuddin. (Foto: Istimewa)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BONTANG – Pemerintah pusat memberikan keringanan untuk biaya jasa listrik selama tiga bulan ke depan. Terhitung mulai bulan April hingga Juni 2020 masyarakat bisa mendapatkan gratis listrik. Hal tersebut dilakukan atas instruksi Presiden Joko Widodo ditengah penyebaran virus Corona atau Covid-19 demi meringankan beban ekonomi rakyat kecil.

Pengguna listrik reguler 450 Volt Ampere (VA) akan diberikan secara gratis, sementara, bagi pengguna 900 VA hanya akan membayar setengah dari tagihannya, atau diskon 50 persen.

Langkah tersebut menjadi otoritas pihak PT PLN, yang siap merealisasikan instruksi yang diberikan presiden. Manager PT PLN Bontang, Amiludin membenarkan hal tersebut.

“Untuk kategori 450 VA, pelanggan pasca bayar terdapat 4.042 pelanggan, dan pelanggan prabayar sejumlah 498. Sedangkan untuk kategori 900 VA pelanggan pasca bayar sebanyak 1.823, dan prabayar sebanyak 2.616 pelanggan,” ucap Amiludin kepada Bontang TIMES, melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis (2/04/2020).

Amiluddin menjelaskan, mekanisme yang diberlakukan dalam program tersebut sebagai pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni.

"Untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id  Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir," jelasnya.

Selain itu untuk diskon tarif bagi pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening listrik yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Untuk pengambilan token gratis untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan daya 900 VA bersubsidi, setiap pelanggan bisa mengakses website resmi PLN. Caranya, buka alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19. Kemudian masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter otomatis Token Gratis akan ditampilkan di Layar. Terkhir, Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

"Atau bisa juga mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara ikuti petunjuk, pertama masukkan ID Pelanggan. Kedua, token gratis listrik akan muncul, ketiga pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan. Dengan ID pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir," jelas Manager PT PLN Bontang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES