Gaya Hidup Bencana Nasional Covid-19

Biar Tetap Happy Saat Hadapi Covid-19, Intip Yuk Study At Home ala Dosen Perbanas

Jumat, 03 April 2020 - 05:15 | 141.11k
Dr. Nurul Hasanah Uswati Dewi, SE,. MSi., CTA, salah satu dosen STIE Perbanas Surabaya. (Foto : Istimewa)
Dr. Nurul Hasanah Uswati Dewi, SE,. MSi., CTA, salah satu dosen STIE Perbanas Surabaya. (Foto : Istimewa)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) membuat masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari harus dibatasi dengan ketat. Hal ini bertujuan untuk mencegah peyebaran pandemi virus Corona.

Pemerintah telah memiliki berbagai kebijakan mulai dari social distance, work from home, study at home, dan lainnya.

Terlebih di sektor pendidikan, para siswa dan mahasiswa harus menjalankan proses belajar mengajar (PMB) yang biasanya di sekolah atau kampus, namun saat ini harus dijalani di rumah atau yang lebih dikenal dengan study at home.

Dr. Nurul Hasanah Uswati Dewi, SE,. MSi., CTA, salah satu dosen STIE Perbanas Surabaya membagikan beberapa tips kepada insan pendidikan, khususnya bagi mahasiswa.

Pihaknya menegaskan bahwa study at home tetap perlu menjaga cash flow agar kondisi tersebutt dapat dinikmati dengan nyaman. Terlebih, hal pertama yang harus dilakukan yaitu, harus menanam mindset bahwa kondisi saat ini tidak berlaku lama.

"Yuk jaga kesehatan mental untuk selalu bersyukur dan yakin kondisi ini gak bakalan lama. Pikiran yang sehat akan menambah daya tahan tubuh," tutur Nurul.

Kendati demikian, pengeluaran tetap harus diatur secara cermat, terlebih bagi mahasiswa perantau.

Tips kedua, apabila orang tua masih mengirimkan uang bulanan, berarti mahasiswa tersebut sangatlah beruntung, sehingga mahasiswa tersebut perlu membuat skala prioritas pengeluaran agar bisa lebih hemat.

"Misalnya, tetap teratur makan lalu cari provider yang menawarkan paket internet hemat. Perlu diingat, tundalah dulu membelu makanan dan minuman kekinian dengan harga lebih mahal dari empat sehat lima sempurna," saran dosen akuntansi ini.

Tips terakhir, pentingnya mengatur ritme tubuh saat menghadapi Covid-19. Study at home bukan berarti bebas bangun siang. Artinya, tetaplah atur ritme tubuh agar pelajar maupun mahasiswa tetap dalam kondisi fit pada saat mulai masuk sekolah atau kuliah. "Ketika mahasiswa ada kuliah pagi, kondisi tetep on fire layaknya kuliah pagi di kampus. So, stay safe, stay at home, and happy study at home," ujarnya penuh harap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES