Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

500 Civitas Akademika IPDN Jatinangor Negatif Covid-19

Kamis, 02 April 2020 - 21:20 | 125.25k
Rektor IPDN Hadi Prabowo mengikuti rapid test Covid-19 di Kampus IPDN Jatinangor, Kamis (2/4/2020). (Foto: Humas IPDN for TIMES Indonesia)
Rektor IPDN Hadi Prabowo mengikuti rapid test Covid-19 di Kampus IPDN Jatinangor, Kamis (2/4/2020). (Foto: Humas IPDN for TIMES Indonesia)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor, Kabupaten Sumedang melaksanakan rapid test Covid-19 bagi seluruh civitas akademika dan praja IPDN Jatinangor.

Rektor IPDN Hadi Prabowo didampingi pejabat IPDN lainnya membuka kegiatan ini serta turut melakukan rapid test pada hari pertama. Hasil rapid tes menunjukkan, sebanyak 500 orang civitas akademika dan praja dinyatakan negatif Covid-19. 

“Berdasarkan hasil rapid tes hari ini terhadap 500 orang civitas akademika dan praja dinyatakan negatif Covid 19. Diharapkan untuk hari-hari berikutnya semua hasilnya negatif. Karena sejauh ini kami sudah melakukan upaya-upaya penanggulangan Covid 19 dengan semaksimal mungkin, sesuai protokol upaya pencegahan Covid-19 yang diinstruksikan oleh pemerintah,” kata Rektor IPDN dalam rilisnya, Kamis (2/4/2020).

Rapid test di Kampus Jatinangor dilaksanakan pada tanggal 2-14 April 2020 dan kampus-kampus daerah dimulai tanggal 8 April 2020. Rapid test di Kampus Jatinangor dilakukan kepada 1.293 orang ASN dan 3.800 orang praja, yang dibagi secara bertahap yakni 500 orang perhari. 

Pelaksanaan tes ini terlaksana berkat bantuan 2.374 rapid test kit dari Gubernur Jawa Barat sedangkan untuk petugas medis, IPDN bekerja sama dengan Laboratarium Klinik Kimia Farma Bandung sebanyak 26 orang tenaga medis. Selanjutnya, untuk memenuhi kekurangan rapid test kit dilakukan pengadaan secara mandiri menggunakan DIPA IPDN. 

Adapun total civitas academika dan praja IPDN kampus daerah yang akan melakukan rapid test yakni sejumlah 1.145 orang ASN dan 2.316 orang praja.

Pelaksanaan rapid test ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan IPDN. Civitas akademika dan praja yang akan melakukan rapid test Covid-19, pertama-tama di data identitasnya seperti nama, riwayat penyakit berat dan riwayat perjalanan terakhir. Kemudian dilakukan pengecekan suhu dan pengambilan sampel darah yang nantinya akan diuji laboratorium langsung oleh tim kesehatan. 

Sebelumnya, IPDN telah gencar melakukan beberapa upaya pencegahan Covid 19, diantaranya yakni penundaan seluruh kegiatan yang bersifat mengumpulkan masa di lingkungan IPDN. Kemudian penyesuaian sistem kerja pegawai, isolasi mandiri untuk seluruh praja IPDN kampus pusat dan daerah dengan tetap tinggal di kampus IPDN mulai tanggal 15 Maret 2020 sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

IPDN juga tidak menerima tamu dari pihak luar yang masuk ke lingkungan kampus IPDN. Pemberian vitamin dan masker kepada seluruh civitas akademika dan praja juga dilakukan dan pengecekan suhu badan kepada civitas akademika IPDN yang akan memasuki lingkungan kampus. 

Penyemprotan disinfektan di seluruh lingkungan kampus IPDN Jatinangor pun dilakukan secara berkala dan melakukan fogging. Pemberian handsanitizer di seluruh ruangan yang ada di Kampus IPDN serta menyediakan bilik-bilik penyemprotan cairan disinfektan di setiap kampus. Upaya pencegahan Covid-19 juga dilakukan di IPDN kampus daerah dengan melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kampus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bandung

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES