Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Wabah Covid-19, Warga Purbayan Kotagede Yogyakarta Berbagi Sembako

Kamis, 02 April 2020 - 10:37 | 168.75k
Warga Kalurahan Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta berbagi sembako kepada keluarga tidak mampu. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)
Warga Kalurahan Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta berbagi sembako kepada keluarga tidak mampu. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Sejak Covid-19 menjadi wabah di seluruh belahan dunia, tanpa kecuali di Indonesia, dampaknya memukul berbagai aktivitas masyarakat. Di antara yang terkena dampak adalah kebutuhan sembako bagi masyarakat di Kalurahan Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta.

Saat ini beberapa warga yang bekerja sebagai pedagang keliling atau Pedagang Kaki Lima (PKL) banyak yang tidak dapat berjualan dan menjalankan usahanya. Imbasnya, mereka kehilangan pendapatan karena tidak ada pembeli yang mendatangi tempat usahanya.

sembako-kepada-keluarga-tidak-mampu-2.jpg

"Hal tersebut menyebabkan perekonomian masyarakat menjadi tidak stabil. Sementara kebutuhan hidup sehari hari harus terus berjalan," kata Ari Suryani, SP MM Lurah Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta pada Kamis (2/4/2020).

Karena itulah, dirinya mengaku bersyukur saat mengetahui ada aksi sosial kemasyarakatan di wilayahnya dalam rangka menghadapi situasi saat ini.

Aksi sosial tersebut adalah warga masyarakat RT 17, RT 54, RT 56 dan RT 57 dengan kearifan lokalnya saling berbagi sembako dari warga ke warga yang terdampak ekonomi.

sembako-kepada-keluarga-tidak-mampu-3.jpg

"Upaya gotong royong ini akan saling menguatkan himbauan pemerintah untuk sosial distancing," tegas Ari Suryani.

Ia berharap, kearifan lokal ini dapat menjadi kebaikan yang dapat dicontoh untuk lingkungan masyarakat di RW yang lain, baik di Kelurahan Purbayan maupun di kota Yogyakarta bahkan skala Nasional.

Kegotongroyongan antar warga akan meringankan beban sosial yang terjadi akibat adanya endemi penyakit Covid 19 di Indonesia.

Selain itu, masyarakat harus bertekad dan bersatu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk diam di rumah. Juga turut memikirkan dan saling berbagi sembako sesama warga yang tidak mampu karena terdampak ekonomi di Kalurahan Purbayan, Kotagede, Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES