Peristiwa Internasional

60 Koran Australia Berhenti Terbit Karena Covid-19

Kamis, 02 April 2020 - 09:33 | 54.38k
Pemilik News Corp, Keith Rupert Murdoch. (FOTO:AP)
Pemilik News Corp, Keith Rupert Murdoch. (FOTO:AP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Media ternama Australia, News Corp hari ini dilaporkan akan berhenti menerbitkan berita cetak di 60 surat kabar regional yang mereka kelola. Hal ini lantaran turunnya pendapatan iklan akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Surat kabar regional milik News Corp yang akan berhenti cetak terbit di negara bagian New South Wales, Victoria, Queensland dan Australia Selatan. Pemilik News Corp, Keith Rupert Murdoch mengaku akan mengalihkan surat kabar cetak miliknya menjadi terbit secara online.  

"Kami tidak mengambil keputusan ini dengan mudah," ujar Michael Miller, Executive Chairman News Corp dikutip dari AFP, Rabu (1/4/2020). 

"Krisis coronavirus telah menciptakan tekanan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kami melakukan semua yang kami bisa untuk mempertahankan pekerja sebanyak mungkin," terang Miller.

"Penghentian edisi cetak komunitas kami telah dipaksakan kepada kami oleh penurunan cepat dalam pendapatan iklan setelah pembatasan yang diterapkan pada lelang real estate dan inspeksi rumah, penutupan terpaksa tempat-tempat acara dan restoran setelah darurat coronavirus," tuturnya.

Banyak kelompok media Australia telah bergeser untuk fokus ke konten online sebelum pandemi virus corona dimulai.

Sebelum News Corp, kantor berita AAP (Australian Associated Press) juga mengumumkan akan tutup pada Juni 2020. AAP terpaksa mengambil keputusan pahit karena pemegang saham mereka menganggap bisnis ini tidak akan menguntungkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Australia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES