Peristiwa Nasional

Antartika Dulunya Hutan Hujan Berawa, Ini Buktinya...

Kamis, 02 April 2020 - 08:27 | 183.00k
Rig pengeboran dasar laut saat bekerja di tepi gletser Pulau Pine. (FOTO: Karsten Gohl / Institut Alfred Wegener)
Rig pengeboran dasar laut saat bekerja di tepi gletser Pulau Pine. (FOTO: Karsten Gohl / Institut Alfred Wegener)

TIMESINDONESIA, JAKARTABenua Antartika yang selama ini diketahui tertutup es, ternyata dulunya pernah menjadi hutan hujan berawa dengan suhu rata-rata 12 derajat celsius.

Hasil penelitian yang kemudian diterbitkan di jurnal Nature, menyebutkan, bahwa 90 juta tahun yang lalu,  Antartika memiliki iklim yang mirip dengan bagian dari Selandia Baru saat ini.

Tim yang terdiri dari para ilmuwan yang didalamnya ada yang dari Inggris dan Jerman tersebut, seperti ditulis The Telegraph,  menemukan hal itu setelah mengambil sampel tanah dari bawah dasar laut di Antartika barat yang diyakini berasal dari periode Cretaceous (115-80 juta tahun lalu).

Tim tersebut mengatakan analisis akar yang diawetkan dan sisa-sisa tanaman lainnya di tanah menunjukkan bahwa dunia pada waktu itu lebih hangat daripada yang diperkirakan sebelumnya.

The Guardin juga menuliskan, pada zaman dinosaurus, benua itu ditutupi oleh hutan hujan berawa.

Cretaceous, 145 juta hingga 66 juta tahun yang lalu adalah periode hangat di mana Bumi memiliki iklim rumah kaca dan tumbuh-tumbuhan di Antartika.

Para ilmuwan mengatakan penemuan baru ini tidak hanya mengungkapkan bahwa hutan hujan rawa berkembang pesat di dekat kutub selatan sekitar 90 juta tahun yang lalu, tetapi suhunya lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Kondisi seperti itu, kata mereka, hanya bisa diproduksi jika kadar karbon dioksida jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya dan tidak ada gletser di wilayah tersebut.

"Kami tidak tahu bahwa iklim rumah kaca Cretaceous ini ekstrem," kata Dr Johann Klages dari Alfred Wegener Institute di Jerman dan rekan penulis penelitian. "Ini menunjukkan kepada kita apa yang dapat dilakukan oleh karbon dioksida," tambahnya.

Tim ini mulai melakukan pengeboran pada lubang sempit di dasar laut dekat gletser Pulau Pine di Antartika barat pada tahun 2017. Lokasi ini terletak sekitar 2.000 km (1.200 mil) dari kutub selatan saat ini, tetapi pada 90 juta tahun yang lalu posisinya sekitar 900 km dari kutub.

Lubang itu dibor dan bahan diekstraksi menggunakan rig yang dioperasikan dari jarak jauh. "Ini seperti pesawat ruang angkasa yang duduk di dasar laut," kata Klages.

Beberapa meter pertama material adalah endapan gletser, berasal dari sekitar 25.000 tahun yang lalu, sedangkan 25 meter berikutnya adalah batu pasir, berasal dari sekitar 45 juta tahun yang lalu - sesuatu yang dikatakan Klages kurang menarik bagi tim.

Saat mereka bekerja, bidang besar es laut mendekat. "Itu semakin berbahaya," kata Klages. "Kami berkata, oke, tiga meter lagi dan kemudian kita bisa mengevakuasi lokasi coring di sini, dan dalam tiga meter inilah kami memiliki materi baru yang menarik ini," ujarnya.

Bagian tiga meter ini terdiri dari batu lumpur, atasnya dengan bahan seperti batu bara, dan dikemas dengan tanah dari hutan kuno, lengkap dengan akar, spora dan serbuk sari - dengan yang terakhir diidentifikasi berasal dari tanaman termasuk pohon konifer dan pakis.

"Rasanya seperti jika kamu pergi ke hutan di dekat rumahmu di suatu tempat dan mengebor sebuah lubang ke tanah hutan," kata Klages. "Ini benar-benar murni. Ini luar biasa," katanya.

Tim menemukan bukti lebih dari 65 jenis tanaman di dalam material, mengungkapkan bahwa lanskap di dekat kutub selatan itu ternyata ditutupi oleh hutan hujan konifer rawa mirip dengan yang ditemukan hari ini di bagian barat laut Pulau Selatan New Selandia Baru. Materi tertanggal antara 92 juta dan 83 juta tahun yang lalu.

Itu akan memiliki suhu tahunan rata-rata 12-13C (53-55F), "yang lebih hangat daripada di Jerman saat ini", kata Klages, menambahkan bahwa analisis bahan kimia yang ditinggalkan oleh organisme fotosintesis yang disebut cyanobacteria mengungkapkan bahwa air permukaan, misalnya danau , akan menjadi 20C yang menyenangkan.

Paling penting, kata Kages, pemodelan komputer menunjukkan bahwa lingkungan seperti itu sangat dekat dengan kutub selatan - di mana di musim dingin ada kegelapan selama empat bulan - hanya akan mungkin terjadi jika konsentrasi gas rumah kaca jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan sebelumnya dan permukaan tanah adalah ditutupi vegetasi. Penelitian ini menjadi bukti jika Benua Antartika yang selama ini diketahui tertutup es, ternyata dulunya pernah menjadi hutan hujan berawa dengan suhu rata-rata 12 derajat celsius. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES