Peristiwa Nasional

Arab Saudi Minta Umat Islam Tunda Perjalanan Haji 2020

Rabu, 01 April 2020 - 11:17 | 64.11k
Umat Islam menunaikan Haji. (FOTO: AP/Hasan Ammar)
Umat Islam menunaikan Haji. (FOTO: AP/Hasan Ammar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kerajaan Arab Saudi meminta umat Islam menunda rencana perjalanan haji pada tahun ini. Demikian disampaikan Menteri Haji Arab Saudi, Mohammad Benten pada Selasa (31/3/2020) terkait wabah virus corona (Covid-19).

"Arab Saudi sebenarnya siap melayani jemaah haji dan umrah. Tetapi dalam keadaan saat ini, ketika kita berbicara tentang virus corona, Kerajaan merasa terpanggil untuk melindungi kesehatan umat Islam dan oleh karena itu kami telah meminta umat Muslim di semua negara untuk menunda rencana menunaikan ibadah haji sampai situasinya jelas," kata Benten dikutip dari AFP, Rabu (1/4/2020).

Sebelumnya, Otoritas Arab Saudi juga meminta semua negara untuk tidak menerbitkan visa umrah. 

Namun demikian, belum ada maklumat resmi dari pihak Kerajaaan Saudi apakah akan menyetop sepenuhnya penyelenggaraan Ibadah haji atau tidak. Sebagai catatan, penyelenggaraan ibadah haji punya sumbangan pemasukan kas bagi kerajaan.

Pada penyelenggaraan tahun 2019, sekitar 2,5 juta Umat Islam di dunia datang membawa visa ke Arab untuk menunaikan ibadah haji. Jumlah yang sangat besar untuk menambah pendapatan kas negara.

Pandemik Wabah virus corona memang sedang melanda dunia. Di Arab Saudi, otoritas kesehatan disana melaporkan 1.563 kasus dan 10 kematian. Keadaan inilah yang menjadi pertimbangan Kerajaan dalam memutuskan apakah musim Haji 2020 akan tetap dilaksanakan atau disetop sementara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES