Peristiwa Daerah

Belum ada Pemenang Tender, Kelanjutan Pembangunan Alun-alun Majalengka Mandeg

Rabu, 01 April 2020 - 08:24 | 385.05k
 Proyek pembangunan Alun-alun Kabupaten Majalengka. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Proyek pembangunan Alun-alun Kabupaten Majalengka. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Kelanjutan proyek pembangunan Alun-alun Kabupaten Majalengka masih belum menemukan titik terang. Proyek yang menelan anggaran sebesar Rp18 miliar itu berhenti sementara karena menunggu proses lelang.

Dari pantauan TIMES Indonesia pada Rabu (1/4/2020), kondisi bangunan baru alun-alun sudah tampak berubah. Meski revitalisasi belum rampung, wajah alun-alun yang berada di depan Kantor Bupati Majalengka itu sudah terlihat megah dan kokoh.

Di lokasi sendiri tidak terlihat satu pun pekerja di area alun-alun. Hanya sisa material pekerjaan dan bangunan setengah jadi yang terlihat di ruang terbuka tersebut.

Alun-alun-Kabupaten-Majalengka-2.jpg

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Majalengka Agus Tamim mengatakan, proses pembangunan alun-alun memang masih berhenti karena masih menunggu hasil lelang. Pada pekerjaan tahap kedua ini anggaran yang disiapkan sebesar Rp7,8 miliar, atau sisa dari pekerjaan tahap pertama yang mencapai Rp 10,2 miliar.

"Kemarin itu baru selesai tahap satu, sekarang untuk tahap ke dua masih dalam proses lelang dan hingga sampai saat ini belum ada pemenangnya," ujar Agus.

Pembangunan alun-alun sendiri merupakan proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat. Wajah baru alun-alun nantinya diproyeksikan akan menjadi ikon baru wisata alternatif bagi warga Kota Angin.

"Dan nanti kalau sudah ada pemenangnya, akan kita laporkan ke Gubernur Jawa Barat. Karena bagaimanapun juga pembangunan Alun-alun adalah kewenangan Gubernur Jawa Barat dan yang menganggarkan adalah Pak Gubernur," tambahnya.

Mengenai kelanjutan konstruksi, Agus menjelaskan jika pihaknya belum mendapat instruksi khusus dari Pemprov Jabar. Sebab, selain karena masih proses lelang, saat ini pemerintah daerah maupun pusat juga tengah fokus menangani pandemi virus corona (covid-19).

"Apalagi saya dapat informasi bahwa demi menyelamatkan nyawa masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini tengah mempersiapkan bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Jadi belum tahu apakah anggaran akan dialihkan," tutur Agus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES