Pendidikan

Dodi Sugianto Resmi Sandang Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

Selasa, 31 Maret 2020 - 23:57 | 70.06k
Ketua Kongres Advokat Indonesia (KAI) wilayah Jawa Barat, yang juga ahli hukum kamaritiman Dodi Sugianto (FOTO: TA Dodi/TIMES Indonesia)
Ketua Kongres Advokat Indonesia (KAI) wilayah Jawa Barat, yang juga ahli hukum kamaritiman Dodi Sugianto (FOTO: TA Dodi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Kongres Advokat Indonesia (KAI) wilayah Jawa Barat, yang juga ahli hukum kemaritiman, Dodi Sugianto, mulai hari ini resmi menyandang gelar Doktor dari Universitas Padjajaran, Bandung Jawa Barat.

Dodi bahkan dinyatakan lulus S3 dengan predikat Caumlaude setelah mempresentasikan disertasinya yang berjudul "Tanggungjawab Pengusaha Kapal dan Tanggungjawab Negara Terhadap Pencemaran laut Oleh Minyak dari Kapal Tanker di Wilayah Perairan Indonesia dalam Kerangka Pembangunan Kemaritiman Nasional.

Kongres-Advokat-Indonesia-2.jpg

Dalam disertasinya, Dodi menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Data yang terkumpul tersebut kemudian dianalisis dan disimpulkan berdasarkan fenomena yang diteliti. 

Dalam penelitiannya, Dodi menemukan pentingnya pengoptimalan fungsi dan tanggung jawab mahkamah pelayaran sebagai pengadilan yudisial seperti pengadilan umum saat ini yang memiliki fungsi eksekusioner. Hal ini sangat penting dalam pelayaran yang ada di Indonesia.

"Pengoptimalan fungsi dan tanggung jawab mahakamah pelayaran sangat penting sebagai pengadilan yudusial," ujar Dodi Sugianto dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Kongres-Advokat-Indonesia-4.jpg

Lebih lanjut, Dodi juga menambahkan bahwa fungsi tanngungjawab dan wewenang mahkamah palayaran harus dioptimalkan. Menurutnya hal itu sesuai dengan pasal 251-356 Undang-undang No 17 tahun 2018. 

"Selain itu peratifikasi konvensi-konvensi internasional yang bisa memberikan kepastian hukum yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Dodi Sugianto meraih gelar Sarjana Hukum dan Magister Hukumnya dari Universitas Pamulang dan meraih gelar Magister Kenotariatan dari Universitas Jayabaya. Terakhir, dia meraih gelar Doktor Ilmu Hukum Kamaritiman dari Universitas Padjadjaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES