Pendidikan

Presma IAIN Kediri Minta Kampus Sediakan Kuota Internet Gratis

Selasa, 31 Maret 2020 - 15:36 | 369.11k
Presiden Mahasiswa IAIN Kediri (Presma IAIN Kediri) Qori. (FOTO: Istimewa)
Presiden Mahasiswa IAIN Kediri (Presma IAIN Kediri) Qori. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – KEDIRI: Presiden Mahasiswa IAIN Kediri (Presma IAIN Kediri) Qori, menyayangkan penerapan kebijakan kuliah online untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kampusnya tidak dibarengi dengan fasilitas penunjang yang memadai. Seperti pengatuaran jam kuliah online dan kuota internet bagi mahasiswa.

Menurutnya, hak sebagai mahasiswa belum dipenuhi kampus namun mahasiswa tetap dituntut untuk membayar Uang Kuliah Tunggal seperti biasanya.

"Lah ini sangat tidak adil," kata Qori dalam pernyataan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Selasa (31/3/2020).

Berdasarkan SE Rektor IAIN Kediri No: 171/in.36/PP.09/03/2020 pada poin 8 disebutkan bahwa dosen/karyawan tetap mendapatkan gaji, tunjangan, dan uang makan.

"Dari sini saya mempertanyakan, lalu untuk hak mahasiswa bagaimana? Kami rasa keputusan tersebut belum berpihak kepada mahasiswa," imbuhnya.

Harusnya, mahasiswa yang berdiam diri di rumah dan tidak lagi memakai fasilitas kampus, setidaknya, pembayaran kuliahnya bisa dialihkan guna pembelian kuota internet bagi mahasiswa, atau free acces.

Dia juga mengingatkan bahwa di surat edaran (SE) Kementerian Agama no:697/03/2020 pada ketentuan nomor 1 poin c, menyatakan, "Pimpinan PTKI melakukan upaya dan kebijakan strategis terutama dalam penanganan paket kuota/akses bebas (free acces) bagi mahasiswa dan civitas akademika di PTKI masing-masing dengan penyedia jasa telekomunikasi".

Mestinya, katanya, keputusan free acces itu juga sudah bisa direalisasikan di masing-masing kampus, termasuk di IAIN Kediri.

"Atas nama DEMA IAIN Kediri, menyatakan tuntutannya agar segera merealisasikan apa yang menjadi bagian dari surat edaran Kementerian Agama tersebut. Karena kuliah Online ini semakin memberikan beban kepada mahasiswa, baik moril sekalipun materil," tegasnya.

Persma IAIN Kediri juga mengimbau kepada seluruh mahasiswa IAIN Kediri dan mahasiswa PTKIN Se Indonesia untuk selalu membangun emosi positif, menjaga kesehatan mental dan fisik agar sistem imunitas tetap terjaga untuk melawan Covid-19.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES