Peristiwa Daerah

Pemkab Pulau Morotai Dapat Bantuan APD dari PT BNI

Senin, 30 Maret 2020 - 20:20 | 71.30k
Penyerahan dan Penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) di Kediaman Bupati Pulau Morotai
Penyerahan dan Penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) di Kediaman Bupati Pulau Morotai

TIMESINDONESIA, MOROTAIPemkab Pulau Morotai menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari PT Bank Negara Indonesia atau (BNI). Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh kepala Cabang Pembantu BNI di terima langsung oleh Bupati Benny Laos di kediamannya, di Desa Yayasan, Kecamatan Morotai Selatan, Senin 30 Maret 2020.

Di tempat yang sama, Bupati kembali menyerahkan bantuan tersebut kepada Kadis Kesehatan Pulau Morotai, dr. Julys Riskar Croons. APD ini bakal diperuntukkan bagi tenaga medis di sejumlah puskesmas, RSUD, Miamari dan Satgas Covid-19 lainnya.

"Bantuan Alat Pelindung Diri bagi satgas covid-19 dari pihak BNI telah kami terima sebanya 100 pasang. APD ini sangat dibutuhkan tim medis baik di RSUD, Gedung Miamari dan seluruh Puskesmas serta satgas lain yang mengendarai ambulance," ungkap dr Tony.

Mulai sore tadi sebagian APD sudah diserahkan ke sejumlah puskesmas. Diantaranya puskesmas Daruba, puskesmas sabatai, puskesmas Tiley dan puskesmas Sangowo. Sementara puskesmas yang lain akan datang mengambil baju APD-nya Selasa besok di Dinkes.

"Jumlah di pulau Morotai ada 11 puskesmas, masing masing diberikan 5 baju APD, kemudian diberikan ke RSUD dan petugas kesehatan bertugas di ruang perawatan Miamari. Sisanya untuk tim evakuasi pasien Covid-19 dan sopir ambulance yang nantinya jika akan menjemput pasien yang terduga Covid-19," terangnya.

Dia sebutkan, APD atau pakaian hazmat suit dilengkapi dengan kacamata, sarung tangan, dan jubah berbahan khusus. Alat ini umumnya dipakai oleh petugas medis saat merawat pasien dengan diagnosis penyakit yang dapat menular, seperti pasien yang terinfeksi virus corona.

"Memang Alat Pelindung Diri, ini jadi satu kebutuhan mutlak para tenaga medis yang menolong pasien positif virus corona atau COVID-19," ucapnya.

Dirinya mengakui untuk satgas Covid-19 masih kekurangan APD. Sehingga dalam melakukan sterilisasi satgas masih menggunakan pelindung apa adanya.

Namun, ujarnya saat ini sementara ini Dinkes Pemkab Pulau Morotai sementara mengusulkan pengadaan APD. "Memang kita masih kekurangan APD tetapi bersyukur karena Morotai masih negatif Covid-19 tetapi, sebagai ihtiar Dinkes sementara melakukan pengadaan," ujarnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Maluku

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES