Peristiwa Daerah

Harus Ambil Lembar Soal di Sekolah, Wali Murid SD di Banyuwangi Protes

Senin, 30 Maret 2020 - 19:55 | 208.43k
Lembar soal dan jawaban UAS dan Try Out SD di Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
Lembar soal dan jawaban UAS dan Try Out SD di Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kebijakan Dinas Pendidikan Banyuwangi dalam menerapkan lembar soal dan jawaban fisik untuk Ujian Akhir Semester (UAS) dan Try Out Sekolah Dasar (SD) diprotes wali murid. Wali murid keberatan karena harus datang dan berkerumun di sekolah guna mengambil lembar soal dan jawaban tersebut.

“Kebijakan ini kan membahayakan wali murid dan siswa, juga tidak sinergis dengan instruksi pemerintah tentang larangan aktivitas melibatkan massa guna menekan penyebaran virus Corona,” ujar salah satu wali murid, Ir As'ad Muhammad Nagib, Senin (30/3/2020).

Saat seluruh wali murid dan guru berkumpul disekolah, lanjutnya, siapa yang bisa menjamin semua dalam kondisi aman dan steril dari Covid-19. Juga termasuk lembar soal dan jawaban UAS dan Try Out yang dibagikan di sekolah.

“Apakah sudah pasti terhindar dari paparan virus Corona? Setelah berkumpul kita pulang ke rumah, lembar soal dan jawaban kita berikan ke anak, apakah itu tidak membahayakan kita wali murid dan juga siswa,” ucapnya.

Dan menurut As’ad, alasan pihak sekolah membagikan lembar soal manual karena lembar soal dan jawaban terlanjur di foto copy.

Pria yang juga aktivis ini mengaku sangat kecewa dengan kebijakan Dispendik Banyuwangi yang terkesan menganggap remeh penyebaran virus Corona. Padahal, pemerintah sudah menyatakan bahwa Covid-19 adalah bencana nasional.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah memerintahkan, bahwa ditengah bahaya penyebaran virus Corona, pelaksanaan belajar mengajar agar dilakukan secara online.

Dikonfirmasi terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendik Banyuwangi, Suratno S Pd, M Pd, mengaku akan mengoreksi kebijakan penerapan lembar soal dan jawaban fisik untuk UAS dan Try Out SD.

“Kami koreksi, mestinya bisa by WA (Whatsaps),” katanya.

Untuk diketahui, penggunaan lembar soal dan jawaban fisik ditengah wabah virus Corona ini dilakukan Dispendik Banyuwangi, untuk siswa Kelas 1-5 SD. Sedang untuk lembar soal dan jawaban Try Out, untuk siswa Kelas 6 SD. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES