Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Satu Orang Warga Majalengka Dinyatakan Positif Covid-19

Senin, 30 Maret 2020 - 12:26 | 545.85k
Caption: Ketua Gugus Tugas Covid-19, Kabupaten Majalengka, Eman Suherman. Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia.
Caption: Ketua Gugus Tugas Covid-19, Kabupaten Majalengka, Eman Suherman. Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia.
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Satu orang warga Kabupaten Majalengka dinyatakan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19. Hal itu terlihat dalam data yang tercantum dalam Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar).

Ketua Gugus Tugas Covid-19, Kabupaten Majalengka, Eman Suherman, membenarkan, terkait data yang berada di Pikobar tersebut.

"Ya benar, ada salah seorang warga asal Kabupaten Majalengka, yang positif terpapar virus Corona, seperti kita lihat didata informasi Pikobar tersebut," katanya, Senin (30/3/2020).

Eman menjelaskan, bahwa data tersebut secara langsung terupdate dengan sistem yang tersambung RSHS Bandung dalam penanganan virus Corona tersebut.

"Ini didasarkan dari sistem pelaporan yang dibangun dengan mekanisme RSHS, harus melaporkan secara update data tiap hari terkait pasien yang ditangani terutama pasien yang diduga terpapar virus Corona," jelasnya.

Kemudian dikatakan Eman, bahwa orang yang terupdate dalam Pikobar adalah warga Majalengka yang datang secara mandiri mengecek kesehatannya ke RSHS dengan gejala yang mirip Covid-19.

"Untuk warga Majalengka tersebut betul dia datang berobat kerumah sakit Hasan sadikin dengan gejala klinis sebagaimana tertera dalam protokol kesehatan penanggulangan dan pencegahan Covid-19 dan ternyata positif," beber Eman.

Pria yang menjabat Sekda Majalengka itu juga menegaskan bahwa yang bersangkutan sudah lama tidak pernah pulang ke Majalengka dan menetap beberapa bulan di Bandung.

"Ketika dilihat datanya ternyata yang bersangkutan orang Majalengka, maka itulah yang menjadi dasar Kabupaten Majalengka terdapat satu orang positif. Dan hasil catatan pejabat wilayah kecamatan yang bersangkutan sejak bulan Januari tidak berada di Majalengka akan tetapi berada di Lembang Bandung," ujarnya.

Dia juga menyebutkan, berdasarkan data dari kecamatan bahwa salah satu warganya yang berada di Lembang itu pernah mengikuti kegiatan keagamaan yang menjadi salah satu sumber penyebaran Covid-19 di Jawa Barat dan langsung secara mandiri mengecek kesehatannya ke RSHS.

"Kronologi kejadiannya pada bulan Januari mengikuti salah satu kegiatan ke agamaan di lembang dan setelah kegiatan itu, sehingga dia merasa sakit dan berobatlah ke RSHS, ternyata hasilnya positif," tutur Eman.

Masih menurut Eman, sampai saat ini pasien yang positif virus Corona (Covid-19) asal Majalengka tersebut dalan penanganan di RSHS Bandung. "Dan sampai hari ini yang bersangkutan masih dirawat di ruang isolasi RSHS Bandung," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES