Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Masuk Pulau Morotai, 150 Penumpang Kapal Kembali Dikarantina

Senin, 30 Maret 2020 - 11:47 | 63.12k
Satgas Covid-19 melakukan sterilisasi, arahan dan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh penumpang kapal. (foto: Istimewa)
Satgas Covid-19 melakukan sterilisasi, arahan dan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh penumpang kapal. (foto: Istimewa)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, MOROTAI – 150 Penumpang Kapal Motor (KM) Ratu Maria dari Kota Ternate, yang Senin (30/3/2020) pukul 7.30 WIT tiba di pelabuhan Imam Lastori Daruba, Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, langsung menjalani karantina.

Kedatangan ratusan penumpang telah disambut satgas covid-19 dipintu keluar terminal penumpang untuk menjalani sterilisasi penyemprotan disinfektan dan cek suhu tubuh. Setelahnya, seluruh penumpang diangkut dengan mobil protokoler menuju GOR Sekolah Unggulan untuk pemeriksaan kesehatan dan identifikasi riwayat perjalanan mereka serta dikarantina selama 7 sampai 14 hari.

Dari hasil identifikasi penumpang kapal berjumlah 150 orang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Dewasa 141 orang dan anak anak 9 orang. Selain itu, tim medis satgas covid-19 menemukan 15 penumpang dewasa memiliki riwat perjalanan dari daerah endemi Corona seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo dan Makassar.

Satgas-Covid-19-b.jpg

Menurut tim medis, 15 penumpang itu karantinanya dipisahkan dengan penumpang yang lain. Alasannya, karena mereka dari daerah endemi Corona.

15 orang ini karantinanya di D'aloha Resort Jababeka. Bila dalam karantina nanti diantara mereka ada yang demam, batuk dan pilek akan dipindahkan ke gedung Miamari yang menjadi lokasi karantina pasien," ungkap Kabag Protokuler, Abdul Karim.

Satgas-Covid-19-c.jpg

Sementara juru bicara satgas covid-19 Pulau Morotai dr Tony saat dikonfirmasi hal tersebut, Senin (30/3/2020) menyatakan akan mencari informasi yang lebih detail. "Mohon maaf saya sementara mengikuti rapat satgas covid-19 di Lanud Leowatimena jadi belum menerima informasi itu, usai rapat akan saya kroscek dan kasih infonya," katanya.

dr Tony mengatakan, perkembangan covid-19 di Pulau Morotai saat ini dengan status ODP 12 orang, 10 orang berada disejumlah desa jalani isolasi mandiri dan 2 orang dirawat di gedung Miamari. PDP kosong, sehingga sampai saat ini Pulau Morotai negatif Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Maluku

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES