Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Tim Gugus Covid-19 Kecamatan Makian Terus Periksa Suhu Tubuh Penumpang dari Ternate

Sabtu, 28 Maret 2020 - 23:46 | 127.16k
Suasana pemeriksaan suhu tubuh penumpang speedboat dari Kota Ternate di pelabuhan desa Gorup Kecamatan Pulau Makian Kabupaten Halsel (Foto: Iwan/TIMES Indonesia)
Suasana pemeriksaan suhu tubuh penumpang speedboat dari Kota Ternate di pelabuhan desa Gorup Kecamatan Pulau Makian Kabupaten Halsel (Foto: Iwan/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, TERNATE – Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Kecamatan Pulau Makian Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut) terus melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap setiap penumpang speedboat yang datang dari Kota Ternate.

Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Virus Corona Kecamatan Pulau Makian Ahmad Abbas mengaku bahwa hal tersebut telah dilakukan sejak tanggal 22 Maret 2020. Mendahului pembentukan tim gugus tugas pencegahan corona tingkat kecamatan yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Halsel.

Gugus-Covid-2.jpg

"Sudah hampir satu minggu kami lakukan ini. Jadi setiap penumpang dari speedboat, kapal kayu dan termasuk Feri terus dideteksi suhu tubuhnya," ujar Ahmad kepada TIMES Indonesia di pelabuhan penyeberangan desa Gorup Kecamatan Pulau Makian Kabupaten Halsel, Sabtu (28/3/2020).

Kata Ahmad, yang menjadi kekhawatiran pemerintah kecamatan Pulau Makian adalah kepulangan para mahasiswa yang sedang melanjutkan studi di perguruan tinggi di luar  Maluku Utara. Sebab menurutnya daerah-daerah tersebut telah merupakan daerah terjangkit CoVid-19.

"Anak-anak mahasiswa asal Makian yang dari Makassar, Jogja, dan lainnya itu yang kami khawatir. Karena langsung datang ke Makian sebelum dikarantina," ungkapnya.

Terkait informasi yang menyebut salah satu staf Pemerintah Kecamatan Pulau Makian yang baru kembali dari daerah terjangkit, Ahmad yang juga merupakan Camat Kecamatan Pulau Makian Kabupaten Halsel itu membenarkan bahwa terdapat salah satu staf pemerintah kecamatan yang sementara telah menjalani karantina mandiri.

"Iya ada, pasutri yang baru kembali dari daerah terjangkit tapi sudah jalani karantina sudah hampir dua minggu ini," ucapnya.

Senada dengan Ketua Tim Gugus Tugas, Kapolsek Kecamatan Pulau Makian Ibda Sukrain Hi. Nadar, S.Pd, M.SI menyampaikan jika langka yang dilakukan sesuai dengan imbauan dari Polda Malut dan maklumat Kapolri RI.  

"Termasuk memberikan pengumuman di setiap desa, dan memeriksa setiap penumpang speedbot dari luar. Kami pantau bersama dengan pihak Puskesmas dan itu kami lakukan di dua kecamatan," ucapnya.

Kapolsek Makian juga menghimbau kepada seluruh masyarakat pulau Makian agar tetap patuhi semua anjuran pemerintah kabupaten melalui tim gugus tugas untuk melakukan pencegahan penyebaran CoVid-19 di Pulau Makian Kabupaten Halsel. "Jangan panik, tetap menjauhi kerumunan dan terus menjaga poin-poin imbauan termasuk jaga lingkungan tetap bersih," harap Kapolsek. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Maluku

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES