Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Lawan Covid-19, Mahasiswa Pesmadai Gelar Aksi Bagi-bagi Rempah

Sabtu, 28 Maret 2020 - 11:25 | 71.06k
Elemen Pesmadai menggelar kegiatan bagi-bagi rempah kepada masyarakat demi mencegah penyebaran Covid-19 (Foto: istimewa)
Elemen Pesmadai menggelar kegiatan bagi-bagi rempah kepada masyarakat demi mencegah penyebaran Covid-19 (Foto: istimewa)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pesantren Mahasiswa Dai (Pesmadai) menggelar kegiatan bagi-bagi rempah kepada masyarakat. Kegiatan #PesmadaiPeduliIndonesia ini dilakukan oleh seluruh elemen Pesmadai, baik dari lingkup santri, pengurus, musyrif dan juga direktur demi mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Menurut Direktur Pesmadai Ahmad Muzakki, kegiatan bagi-bagi rempah kepada masyarakat Ciputat, Depok, dan Bogor ini dilakukan untuk meningkatkan optimisme masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Dalam menghadapi pandemi Covid-19, kondisi psikis masyarakat Indonesia sekarang tidak baik-baik saja. Oleh karena itu harus ada gerakan-gerakan influence seperti Pesmadai Peduli sebagai langkah optimisme masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19," tuturnya kepada media di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Selain itu, kegiatan pada 25-26 Maret 2020 ini juga untuk menumbuhkan kepedulian mahasiswa Pesmadai kepada masyarakat dalam menghadapi bencana sosial. Dalam kegiatan kepedulian ini, tampak para mahasiswa semangat dalam membagikan rempah-rempah berupa jahe, kunyit, temulawak, dan jeruk nipis kepada para warga.

TIMES-Indonesia-Pesmadai-02.jpg

"Saya berharap semoga cobaan ini sebagai langkah bagi kaum masyarakat Indonesia untuk memperkuat iman dan taqwa kita kepada Allah Azza Wa Jalla, karena kita sebagai hamba tidak ada daya di hadapan sang Kuasa. Maka dari itu, di samping kita memperkuat imun, mari kita sama-sama memperkuat iman. Kita berlindung dari Allah agar bangsa kita cepat pulih dari wabah ini," imbuh Direktur Pesmadai.

Ia berharap  kegiatan-kegiatan positif senantiasa tersalurkan kepada masyarakat dalam menghadapi wabah ini. "Kita berjuang sesuai dengan tupoksi masing-masing. Pemerintah dengan perannya, tenaga medis dengan perannya, dan kita sebagai masyarakat berperan sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan," sambungnya.

Masyarakat sendiri merasa senang bisa mendapatkan rempah rempah dari para santri tersebut. Aksi itu pun mengingatkan mereka mengenai tumbuhan-tumbuhan di  lingkungan sekitar rumah atau bumbu masakan yang ternyata bisa menjaga kesehatan dan menangkal virus seperti corona. 

Seperti dikatakan Fauzi, salah satu warga di Depok yang mendapatkan rempah-rempah dari santri tersebut. "Terima kasih yah, dek, sudah menginspirasi kami dengan berbagi rempah-rempah ini," tuturnya.

TIMES-Indonesia-Pesmadai-03.jpg

Pesmadai sendiri adalah lembaga swadaya yang didirikan untuk pengembangan dakwah dan pendidikan khususnya untuk kalangan mahasiswa. Pesmadai berdiri di bawah Yayasan Dai Muda Indonesia dengan legal formal SK Kemenkumham No. AHU-0004236. AH.01.12. Tahun 2018 dan Akta Notaris No. 1 /IK/SK/I/2018, NPWP 84.679.430. 3-002.000.

Pesmadai berkomitmen menjadi wadah pembinaan yang diharapkan melahirkan peserta didik yang tinggi ilmunya, kokoh imannya, meluas amalnya, mulia akhlaknya, cinta Indonesia, serta menjadi perekat persatuan dan kesatuan NKRI.

Selain bergelut dengan Al-Quran dan pelajaran di dalam ruangan, mahasiswa dan mahasiswi Pesmadai turut berperan aktif membangun bangsa dan agama, termasuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam berbagai aksi di lapangan.

Antara lain turut peduli terhadap para korban gempa dan tsunami Palu, Donggala, Sulawesi Tengah, peduli korban banjir, berbagi takjil ke jalan raya pada bulan Ramadhan, menggelar Ngaji On the Road bersama generasi muda milenial,  peduli Palestina. "Termasuk serta aktif merespon isu-isu terkini kebangsaan dan dunia seperti pandemi virus corona. Pesmadai turut bergerak cegah Covid-19," kata Muzakki. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES