Peristiwa Daerah

Karena Covid-19, Lapas Sukamiskin Wacanakan Sidang Virtual Bagi Narapidana Tipikor

Jumat, 27 Maret 2020 - 18:05 | 25.30k
Lapas Sukamiskin. (FOTO: BBC)
Lapas Sukamiskin. (FOTO: BBC)

TIMESINDONESIA, JAKARTALapas Sukamiskin mulai mewacanakan untuk menggelar sidang virtual bagi narapidana tipikor. Sidang secara online ini dilakukan guna mencegah penularan virus Corona (Covid-19) terhadap napi.

"Rencananya begitu. Kita sudah siap," ucap Kalapas Sukamiskin Abdul Karim seperti dilansir detikcom, Jumat (27/3/2020).

Karim menyatakan teknis persidangan virtual di Sukamiskin nantinya akan serupa dengan sidang virtual yang sebelumnya telah dilaksanakan di Rutan Bandung. 

Napi yang masih harus menjalani sidang, akan menghadapi sidang layaknya teleconference. "Kita sudah siapkan. Ada dua ruangan kita siapkan. Perangkatnya juga kita siapkan," ujar Karim.

Menurut Karim, saat ini proses menuju diterapkannya sidang online masih memerlukan beberapa tahapan. Terlebih pihaknya masih perlu berkoordinasi dengan sejumlah Pengadilan Negeri (PN) guna dilakukannya sidang virtual tersebut.

Menurut Karim, persidangan ini berlaku bagi napi yang berstatus sebagai terdakwa maupun saksi. "Cuma kami masih koordinasi terkait sidang yang di Pekanbaru," jelasnya.

"Saya minta koordinasi sidang apa bisa online. Kalau tidak bisa ya berangkat. Tergantung PN-nya. Kalau dengan KPK, kita memang rencana beberapa di Bandung ini online yang sidangnya," tambah Karim, Kepala Lapas Sukamiskin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES