Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Kabar Baik di Tengah Wabah Covid-19, Sejumlah Warteg di Jakarta Gratiskan Makanan

Jumat, 27 Maret 2020 - 14:08 | 44.14k
Inilah satu satu warteg di Jakarta yang menyediakan makanan Gratis (foto: Humas ACT/TIMES Indonesia)
Inilah satu satu warteg di Jakarta yang menyediakan makanan Gratis (foto: Humas ACT/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah Aksi Cepat Tanggap (ACT) meresmikan Posko Nasional Bersama Lawan Corona dan merilis program 'Operasi Pangan Gratis', berbagai aksi telah dilakukan sebagai bukti keseriusan ACT menangani dampak COVID-19 di masyarakat. 

Berlokasi di Kompleks Perkantoran Ciputat Indah Permai, ACT kembali merilis program baru 'Operasi Makan Gratis' bersama 1.000 Warteg di wilayah Jabodetabek untuk menyajikan bantuan makanan gratis setiap hari. 

Aksi ini menjadi titik temu permasalahan pendapatan para pemilik warteg dan kebutuhan makan para tenaga harian yang mengalami dampak paling besar secara ekonomi dalam wabah ini.

Agenda-agenda untuk mengurangi penyebaran terhadap dampak kesehatan juga memberikan konsekuensi roda perekonomian, lantaran mayoritas warga tinggal di rumah. 

Beberapa pelaku usaha mengeluhkan turunnya pendapatan secara signifikan akibat pandemik global COVID-19. Program kerjasama ini diharapkan akan menjadi solusi dalam permasalahan dampak ekonomi dari wabah Covid-19.

Ketua Koordinator Warteg Nusantara (Kowantara), Mukroni juga mengamini kondisi perekonomian yang cukup mempengaruhi keberlangsungan pengusaha Warteg sejak adanya wabah ini. 

"Warteg adalah sumber logistik dari kalangan yang berpenghasilan, sejak zaman VOC. Perjuangan para pengusaha cukup menantang untuk kondisi wabah seperti saat ini," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Memahami dengan seksama dan meyakini bahwa efek perekonomian ini tengah berlangsung, ACT terus ikut berperan selain dalam  memberikan edukasi, namun juga mengadvokasi serta melakukan aksi kemanusiaan dan kedermawanan. 

"Saat ini masyarakat luas memerlukan support terhadap kebutuhan pangan ini. Semoga dengan kolaborasi dengan 1000 warteg ini bukan hanya bermanfaat untuk masyarakat prasejahtera yang akan diberi makan gratis tetapi juga membantu mempertahankan eksistensi UMKM warteg ini," ujar Ahyudin,Ketua Dewan Pembina ACT.

Menurutnya, inilah cara untuk meyakinkan masyarakat bahwa musibah ini juga menjadi cara untuk memasifkan kebaikan di tengah-tengah wabah.

"Kami ingin sampaikan bahwa wabah ini telah menggerogoti sendi-sendi perekonomian bangsa, khususnya UMKM. Selain operasi makan gratis, kami juga akan menjalankan program beras gratis untuk warga prasejahtera dengan jumlah target sebanyak 100.000 KK," kata Ahyudin.

Saat ini, masih banyak masyarakat yang keluar untuk bekerja. Tindakan ini bukan berniat untuk mengabaikan aturan pemerintah tetapi karena mata pencahariannya adalah di tengah masyarakat atau di jalan. Hal ini menjadi sebuah refleksi bersama atas dampak makro yang diakibatkan dari musibah Corona.

Ibnu Khajar, Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyatakan jika mereka masuk ke ranah yang serius lainnya sebagai dampak atas wabah Corona, yaitu kebutuhan pangan dan penghasilan yang terganggu di tengah masyarakat.

"Melalui indonesiadermawan.id dan 46 cabang ACT, kami memberi kesempatan untuk para dermawan dalam membantu saudara-saudara kita ini. Kami juga mengapresiasi semua usaha pemerintah, relawan dan para medis yang terus berjibaku melawan pandemi ini. Mari kita bersama-sama bergandengan tangan melawan Corona," tegasnya.

Kabarnya, hingga kini, tim ACT akan terus mengadakan aksi medis mulai dari edukasi, pembagian alat kesehatan, hingga operasi pangan gratis untuk meminimalisasi permasalahan wabah COVID-19. Kamu peduli, kita peduli, semua peduli dengan pandemi yang terus menyebar di berbagai negara di dunia. Bersama, kita atasi virus Corona dan selamatkan saudara sebangsa! www.Indonesiadermawan.id/BersamaLawanCorona. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES