Peristiwa Daerah

Jumat Siang Gunung Merapi Yogyakarta Erupsi, Sebagian Wilayah Magelang Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020 - 13:54 | 261.04k
Suasana hujan abu di Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (27/3/2020) siang. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Suasana hujan abu di Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (27/3/2020) siang. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAGunung Merapi di Kabupaten Sleman, Yogyakarta kembali mengalami erupsi, Jumat (27/3/2020) siang, tepatnya pukul 10.56 WIB. Dari laporan akun twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, erupsi tersebut tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dengan durasi 7 menit.

Dari pengamatan diperkirakan tinggi kolom erupsi + 5.000 meter dari puncak Gunung Merapi. Saat erupsi terjadi, arah angin menuju Barat Daya.

hujan-abu-2.jpg

Akibatnya, sejumlah wilayah bagian Barat Daya Gunung Merapi diperkirakan mengalami hujan abu. Meski Gunung Merapi kembali erupsi namun tidak berpengaruh terhadap status. Sejak 21 Mei 2018, BPPTKG telah menetapkan staus waspada terhadap kondisi Gunung Merapi.

Dari pantauan TIMES Indonesia, akibat erupsi yang terjadi Jumat siang ini sejumlah wilayah di Kabupaten Sleman bagian Barat sisi Utara mengalami hujan abu tipis. Bahkan, di Kecamatan Mungkid dan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sempat terjadi hujan abu tebal dan kerikil.

hujan-abu-3.jpg

Diperkirakan, hujan abu juga terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang lainnya bahkan sampai ke Kota Magelang, Jawa Tengah.

“Iya ini, di Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang hujan abu dari erupsi Gunung Merapi. Hujan abunya lumayan tebal bahkan tadi sempat ada kerikilnya juga,” kata Ali Purnama warga Yogyakarta yang sedang berada di Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

“Iya ini, di wilayah kami Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang hujan abu karena erupsi Gunung Merapi,” terang, Susilo, warga Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES