Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Ruang Isolasi Covid-19 di RSUD Chasan Boesorie Ternate Diperluas

Jumat, 27 Maret 2020 - 11:20 | 61.86k
Konferensi pers update data Covid-19 di Maluku Utara, Kamis (26/3/2020). (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Konferensi pers update data Covid-19 di Maluku Utara, Kamis (26/3/2020). (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, TERNATE – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Chasan Boesorie Ternate) menjadi rumah sakit rujukan satu-satunya di Maluku Utara untuk penanganan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang memiliki gejala Covid-19. Hal ini sesuai Keputusan Menkes RI dan Surat keputusan Gubernur .

Sementara untuk PDP yang tidak memiliki gejala ditangani RSUD di enam kabupaten/kota masing-masing RSU Jailolo, RSUD Tikep, RSU Tobelo, RSU Morotai, RSUD Labuha dan RSUD Sanana. 

Terkait hal ini, Pemerintah Provinsi Maluku Utara memperluas ruangan isolasi PDP di RSUD Chasan Boesorie. Saat ini pihaknya telah melakukan perluasan kamar sebanyak 80 buah tempat tidur.

"Awalnya kami siapkan 15 buah tempat tidur, namun saat ini telah dilakukan penataan tambah 80 buah tempat tidur, sehingga totalnya 95 tempat tidur. Insha Allah dalam waktu dekat sudah dapat digunakan," jelas Samsuddin Abdul Kadir, Sekprov yang juga selaku Ketua Gugus Tugas, Jumat (27/3/2020).

Sekprov juga mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pasien umum yang ada di RSUD Ternate agar tidak panik."Kami berharap agar masyarakat tidak panik dan selalu taati aturan yang telah ditetapkan pemerintah," pintanya.

Sekprov juga menyentil terkait dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang akan dikirim dari Jakarta ke Maluku Utara.

"Memang kami punya APD dan saat ini telah terdistribusi sebagian ke Kabupaten/Kota, dan direncanakan besok ada bantuan tambahan APD dari Pemerintah Pusat sebanyak 2000 paket. Sementara yang telah datang tadi adalah rapid test virus corona (Covid-19) sebanyak 2400 paket," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Maluku

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES