Pemerintahan

PON 2020 Ditunda Karena Covid-19? Menpora RI: Kita Belum Putuskan 

Jumat, 27 Maret 2020 - 10:56 | 22.07k
Menpora RI, Zainuddin Amali. (FOTO: Kemenpora RI for TIMES Indonesia)
Menpora RI, Zainuddin Amali. (FOTO: Kemenpora RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia memiliki pengaruh signifikan dengan dunia olahraga di Indonesia, khususnya PON 2020 Papua yang rencananya digelar Oktober mendatang. Dan Menpora RI, Zainuddin Amali sendiri mengaku belum bisa memutuskan dan akan melihat perkembangan terbaru.

"Untuk PON ini memang kita belum memutuskan apapun, karena sesuai arahan bapak Presiden pada Ratas yang terakhir saya ikuti bahwa, kita tetap on schedule tetapi kita akan lihat bagaimana perkembangan situasi dan kondisi dari pandemi Covid -19 ini pada hari-hari atau bulan-bulan mendatang," kata Menpora.

Menurut Menpora, jika memang harus mengambil keputusan untuk menunda PON, tentu akan ditunda. "Tetapi jika situasi makin mereda dan kesiapan untuk pelaksanaan PON 2020 tidak terganggu secara signifikan maka saya kira tetap akan dilangsungkan sesuai rencana," ujarnya

Meski begitu, ia menyebut ini bukan menjadi keputusan Menpora sendiri, namun juga perlu diskusi dengan KONI Pusat, KONIDA, dan cabor-cabor yang telah mempersiapkan jauh-jauh hari. Tetapi situasi ini memang harus dihadapi dan tidak ada yang bisa melawan situasi ini.

"Bagi pemerintah keselamatan masyarakat dibidang olahraga atlet, pelatih, ofisial yang kita utamakan, mohon doanya supaya pandemi ini segera berakhir dan kita normal kembali mempersiapkan segala kegiatan dan aktifitas keolahragaan kita.Demikian dengan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 terpaksa harus ditunda lagi," ujarnya.

Menpora menegaskan jika ke depan akan dievaluasi seperti apa langkah untuk IBL (Kompetisi Bola Basket Profesional) juga untuk Pro Liga Kompetisi Bola Voli Profesional yang juga harus terhenti.

"Tapi apa boleh buat keputusan dan langkah itu harus kita tetapkan untuk menjaga keselamatan para atlet pelatih dan ofisial kita supaya terhindar dari wabah Covid-19," pungkas Menpora RI, Zainuddin Amali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES