Peristiwa Daerah NKRI Lawan Corona

Pemkab Cilacap Terima 110 APD Bantuan Pemprov untuk Penanganan Covid-19

Kamis, 26 Maret 2020 - 23:43 | 105.83k
APD yang didistribusikan ke RS lini tiga. (FOTO: Hermawan/TIMES Indonesia)
APD yang didistribusikan ke RS lini tiga. (FOTO: Hermawan/TIMES Indonesia)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, CILACAP – Sedikitnya 110 Alat Pelindung Diri (APD) bantuan dari Pemprov Jateng diterima Pemkab Cilacap, Rabu (25/3/2020). Sebanyak 110 APD berupa baju anti infeksi atau hazmat suit untuk paramedis dalam penanganan Covid-19 itu diterima Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Cilacap, M Wijaya.

"Bantuan tersebut akan didistribusikan ke RSUD Cilacap, dimana sebagai RS rujukan lini kedua, sesuai SK Gubernur Jateng," katanya.

Bantuan yang didatangkan dari China ini, merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat.Untuk Jateng sendiri mendapatkan 10 ribu APD yang akan didistribusikan ke 61 RS rujukan se-Jateng.

Ketersediaan APD merupakan kendala dalam penanganan PDP, dan bantuan tersebut selain untuk RSUD juga dikirim ke RS rujukan lini ketiga, sesuai SK Bupati Cilacap, serta 24 Puskesmas yang ada di Cilacap.

"RS atau Puskesmas akan mendapat antara 5-10 APD," kata Kepala Dinkes Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi.

Sesuai SK Bupati, Pemkab Cilacap sudah menetapkan RS rujukan lini ketiga dalam penanganan Covid-19, mengingat bertambahnya PDP.

Dalam penanganan PDP, APD merupakan hal yang penting dan harus dipakai, karena tim medis jika melakukan penanganan tapi tidak menggunakan APD sesuai SOP, akan berisiko terpapar.

Selain APD, bantuan rapid test Covid-19 dari Pemerintah Pusat juga ditunggu Pemkab Cilacap. Kit rapid test tersebut dilakukan untuk pengecekan massal, namun berapa jumlah yang akan diterima pun masih belum diketahui. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Cilacap

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES