Peristiwa Daerah

PCNU Kabupaten Malang Keluarkan Edaran Mengenai Salat Jumat

Kamis, 26 Maret 2020 - 22:37 | 67.43k
Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr H Umar Usman. (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr H Umar Usman. (Foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPCNU Kabupaten Malang mengeluarkan surat edaran mengenai pelaksanaan salat Jumat di tengah pandemi virus Covid-19. Dalam surat edaran yang dikeluarkan 26 Maret 2020 tersebut, PCNU Kabupaten Malang mengeluarkan beberapa poin tentang pelaksanaan salat Jumat tersebut.

Poin pertama adalah warga NU dimohon untuk tetap melaksanakan salat Jumat, kecuali berada di area merah terpapar Covid- 19. Poin kedua, adalah tata cara pelaksanaan salat Jumat untuk mengantisipasi virus Covid-19 atau Corona.

Tata caranya antaralain, khutbah Jumat dilaksanakan singkat hanya membaca yang wajib sesuai rukun salat Jumat. Kemudian, pada salat Jumat membaca surat pendek.

Sedangkan poin terakhir, jika perlu shaf jamaah direnggangkan satu meter.

Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr H Umar Usman mengatakan, sebelum salat Jumat takmir masjid beserta jemaah juga diimbau melakukan beberapa hal untuk mencegah Covid-19.

"Pagi hari dilakukan bersih-bersih masjid dan juga menyemprotkan cairan disinfektan. Kemudian sebelum masuk masjid, jemaah diimbau mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer yang disediakan oleh takmir," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengimbau takmir masjid untuk menggulung karpet masjid. Sedangkan jemaah disarankan untuk membawa sajadah sendiri dari rumah.

"Seluruh jajaran NU maupun Banom NU, untuk turut terlibat aktif membantu takmir masjid dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungannya masing-masing," kata Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr H Umar Usman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES