Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Warga Peduli, RSD Gunung Jati Cirebon Mulai Terima Bantuan APD

Kamis, 26 Maret 2020 - 21:00 | 46.33k
Beberapa APD yang disumbangkan ke RSD Gunung Jati Cirebon. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia).
Beberapa APD yang disumbangkan ke RSD Gunung Jati Cirebon. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia).
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, CIREBON – Rumah Sakit Daerah (RSD Gunung Jati Cirebon) menerima bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dari warga yang peduli. Salah satunya datang dari Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta dan dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Cirebon Raya, Kamis (26/3/2020).

APD yang diberikan diantaranya berupa sarung tangan panjang 37 pasang, sarung tangan pendek 5 box dengan isi 50 pasang per box, headcap 50 buah, masker bedah 2 box, hand sanitizer 3 botol isi 4 liter per botol, dan kacamata Gogle 13 buah.

Ketua YANU Jakarta Immylia Limardo Effendi mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan inisiatif yayasan seiring menipisnya APD yang dimiliki RSD Gunung Jati. Padahal, APD sangat dibutuhkan bagi tim medis saat menangani pasien PDP atau positif Corona.

"APD sangat penting karena untuk menjaga tim medis dari paparan virus saat menangani pasien," ujar Immylia.

Immylia menjelaskan, meski berupa bantuan, dia dan tim mengalami kesulitan dalam mendapatkan APD tersebut. Mereka harus berkeliling Kota Cirebon untuk mendapatakan barang yang dicari.

"Kita membelinya hanya yang tersedia saja di apotek dan toko alat kesehatan. Beberapa item yang dicari bahkan sudah tidak tersedia," ujarnya.

Selain di Cirebon, lanjutnya, YANU Jakarta juga memberikan bantuan berupa APD di kota-kota lainnya, seperti Makassar, Malang, Palembang, dan Jambi.

Dia pun berharap dengan adanya APD ini, tim medis dapat fokus dalam menangani pasien Corona di rumah sakit. Sehingga, pandemi Corona ini bisa secepatnya berakhir.

"Mudah-mudahan wabah ini bisa segera berakhir," harapnya.

Sementara itu, Humas RSD Gunung Jati Cirebon, Arif Wibawa Rukmana, mengaku kewalahan dengan minimnya stok APD di rumah sakit. Terlebih, dengan jumlah pasien yang terus meningkat.

"Kita sangat kewalahan dengan kurangnya APD. Apalagi, jumlah pasien yang dilakukan screening semakin bertambah," ujar Arif.

Arif menjelaskan, krisisnya APD terjadi karena RSD Gunung Jati Cirebon merupakan rumah sakit rujukan covid-19 di wilayah Cirebon Raya selain RSUD Indramayu. Sehingga, orang-orang berdatangan untuk memeriksakan diri.

"Karena itu, kita membutuhkan APD sebagai senjata kita dalam menangani pasien Corona," ujarnya.

Untuk itu, pihak RSD Gunung Jati Cirebon membuka ukuran tangan atau bantuan langsung berupa barang dan perlengkapan APD, bukan uang tunai. Karena, pihaknya tidak memiliki waktu untuk mencari APD yang kekurangan tersebut.

Sebelumnya, lanjutnya, pihaknya juga sudah menerima beberapa bantuan berupa makanan, APD, dan mulitivitamin seperti vitamin C. Hal ini dikarenakan para tim medis harus benar-benar menjaga kesehatannya dan mengonsumsi vitamin.

"Dengan bantuan ini setidaknya bisa membantu krisis Alat Pelindung Diri. Terima kasih YANU dan IWO semoga semakin banyak yang peduli dengan kondisi kami di garda terdepan penanganan Covid-19," ujar Humas RSD Gunung Jati Cirebon, Arif Wibawa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES