Gaya Hidup Bencana Nasional Covid-19

Cegah Penularan Covid-19, Yuuk... Pahami Etika Batuk dan Bersin yang Tepat

Kamis, 26 Maret 2020 - 20:02 | 140.98k
Ilustrasi.
Ilustrasi.
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYA – TIMES Indonesia, Surabaya - Kenaikan pasien positif Corona di Indonesia kian hari kian meningkat, berbagai upaya Pemerintah dalam mencegah penularan virus Corona (Covid-19).

Salah satu cara Pemerintah dalam penanganan kasus Covid-19 yaitu dengan melakukan pendekatan komunitas atau Community Based. Sehingga tidak hanya individu melainkan masyarakat yang menjadi sasaran dari strategi Pemerintah Indonesia.

Rundown-WHO.jpgRundown pelatihan WHO: Literasi Dasar Covid-19 (Foto: Screenshoot instagram kemdikbud.ri)

Salah satunya dengan menerapkan dan memberikan edukasi terkait etika batuk dan bersin yang benar agar penularan kasus Covid-19 bisa berkurang. Belum banyak orang yang paham dan melek dengan etika satu ini.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud) bekerjasama dengan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), World Health Organization (WHO), dan Kementerian Kesehatan RI mengadakan Pelatihan WHO: Literasi Dasar Covid-19 melalui daring (online).

Melalui video live streaming di Youtube resmi Kemendikbud RI Kamis (26/3/2020), terdapat 5 materi yang disajikan salah satunya ialah materi tentang respiratory hygiene atau etika batuk dan bersin.

Rundown-WHO-2.jpg

"Dalam Covid-19 etika batuk dan bersin itu sangat utama supaya virus tidak mudah menyebar ke orang di sekitar kita," jelas dr. Benyamin Sihombing, MPH saat menyampaikan materi Infection, Prevention, and Control (IPC).

Benyamin juga menjelaskan respiratory hygiene tetap harus diikuti dengan menjaga kebersihan tangan. "Dua hal ini menjadi utama, bagaimana tangan kita bersih dan bagaimana kita menggunakan etika batuk dan bersin khususnya untuk orang yang memiliki gejala-gejala Covid-19," tuturnya.

Di samping itu, terdapat prosedur respiratory hygiene atau etika batuk dan bersin ini diantaranya, jauhkan wajah dari orang lain ketika batuk atau bersin, tutupi hidung dan mulut dengan tisu.

Jika menggunakan tisu, segera buang tisu itu ke tempat sampah, arahkan batuk atau bersin ke lengan jika tidak ada tisu, dan bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir atau produk berbahan alkohol agar virus Covid-19 hilang. "Selalu bisa kita lihat pentingnya paham etika batuk atau bersin dan kebersihan tangan," tambah Benyamin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES