Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Cegah CoVid-19, Warga Kolor Sumenep Swadaya Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kamis, 26 Maret 2020 - 18:33 | 68.49k
Ketua RT 01 RW 06 Perumahan Pondok Indah, Kolor Sumenep swadaya cegah penyebaran CoVid-19 dengan menyemprotkan disinfektan ke rumah-rumah warga, Kamis (26/3/2020). (Foto: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)
Ketua RT 01 RW 06 Perumahan Pondok Indah, Kolor Sumenep swadaya cegah penyebaran CoVid-19 dengan menyemprotkan disinfektan ke rumah-rumah warga, Kamis (26/3/2020). (Foto: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Warga Desa Kolor, Kecamatan Kota, Sumenep, Madura, melakukan penyemprotan disinfektan secara swadaya di kawasan di RT 01 RW 06. Penyemprotan itu dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona yang menjadi pandemi nasional.

Ketua RT 01 Perumahan Pondok Indah Kolor Sumenep, Ibnu Hajar mengatakan, kegiatan itu murni swadaya dan tidak ada campur tangan desa maupun pihak pemerintah kabupaten.

penyemprotan-disinfektan-8.jpg

"Tidak ada bantuan dari dinas kesehatan, dari pemerintah kabupaten dan dari desa," kata Ibnu, Kamis, (26/3/2020) pada wartawan.

Menurut Ibnu, kegiatan itu lahir dari kesadaran warga bahwa tugas melawan virus corona bukan semata-mata tugas negara, tetapi tugas warga dan bangsa Indonesia.

Ibnu berharap, kegiatan kecil yang dilakukan atas kesadaran bernegara bangsa ini dapat dicontoh oleh daerah lain. Berpangku tangan pada pemerintah dalam situasi darurat seperti saat ini bukan langkah egaliter dan kesatria. Sastrawan berjuluk Chairil Anwar-nya Madura ini mengajak daerah lain untuk aktif dan ambil bagian dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Sebagai Ketua RT,  Ibnu berharap pemerintah Sumenep memberi kewenangan untuk melakukan screening pada setiap warga yang datang ke wilayahnya. Hasil screening itu nantinya akan diberikan pada pemerintah dan desa kemudian dilanjutkan pada tingkat kecamatan.

Kewenangan yang diminta itu, tidak lain untuk melindungi 125 rumah warga yang berada dalam pengawasannya, dari ancaman Covid-19 atau virus corona. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES