Peristiwa Daerah

Tanggap Covid-19, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Bagi Paket Wastafel

Kamis, 26 Maret 2020 - 13:56 | 48.95k
Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Hari Sasongko saat menyerahkan bantuan dan ikut menyemarakkan cairan disinfektan. (FOTO: PDI Perjuangan Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)
Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Hari Sasongko saat menyerahkan bantuan dan ikut menyemarakkan cairan disinfektan. (FOTO: PDI Perjuangan Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang tak main-main menangani wabah virus Corona (Covid-19) yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai bencana nasional non alam.

Partai banteng moncong putih itu bergerak door to door di rumah warga dan sejumlah fasilitas publik pada Rabu (25/3/2020). Aksi kemanusiaan ini mengusung tema 'DPC PDI Perjuangan Berbagi Sejuta Kebaikan untuk Sejuta Senyum Masyarakat Kabupaten Malang'.

Bertempat di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, petugas relawan terjun melakukan penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat ibadah, sekolah, pertokoan dan perkampungan warga, serta pembagian paket bantuan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto menyebutkan sejumlah paket bantuan yang diberikan adalah seperangkat wastafel lengkap dengan tangki air dan sabun cuci tangan, bantuan sembako untuk masyarakat terdampak, panti asuhan dan panti jompo, serta pembagian hand sanitizer gratis.

"Kami tidak mau dianggap latah dalam melakukan Aksi Kemanusiaan ini. Kami pilih program bantuan yang sifatnya menjadi dasar kebutuhan masyarakat namun tidak meninggalkan sisi edukasinya," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Kamis, (26/3/2020).

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Hari Sasongko menambahkan bahwa edukasi tentang pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan kepada masyarakat.

Edukasi ini, kata dia, sangat penting disampaikan kepada warga Bumi Arema. Edukasi supaya masyarakat mau bergerak bersama dengan cara gotong royong. Minimal bisa memulai dari diri sendiri dan keluarga terdekat.

"Karena, kalau misalnya penyemprotan disinfektan, itu hanya bertahan beberapa hari saja. Setelah itu virus bisa datang lagi. Butuh kesadaran dan pemahaman masyarakat yang komprehensif. Itulah pentingnya edukasi. Ayo tangkal Corona bersama-sama," tegas pria yang akrab di sapa Mas Koko itu.

Dijelaskan, pria yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Malang itu, bahwa bantuan paket wastafel tersebut diharapkan bisa menggugah selera cuci tangan masyarakat. Hal ini yang disebut Sasongko sebagai aksi nyata, terjun ke masyarakat, beri bantuan yang sekaligus mengedukasi.

Dia optimistis ke depannya apabila masyarakat siap bergerak dari diri sendiri, yakni menjaga kebersihan, meningkatkan imunitas, serta rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, bencana Corona bisa enyah dari Bumi Arema, bahkan Indonesia dan dunia.

"PDI Perjuangan sebagai partai politik juga merupakan entitas di masyarakat merasa berkewajiban memberi contoh konkret dalam bentuk aksi nyata dimana seluruh pengurus DPC wajib hukumnya meleburkan diri dalam Tim Satgas Tanggap Bencana  DPC PDI Perjuangan saat menjalankan misi kemanusiaan ini," urainya.

"Juga termasuk saat penyemprotan disinfektan baik dilakuan saat siang hari maupun malam hari. Disini lah kemudian ada pesan moral yang ingin kami sampaikan bahwa PDI Perjuangan Kabupaten Malang mengajak semua elemen berlomba-lomba dalam kebaikan," bebernya.

Bung Koko menyatakan aksi kemanusiaan ini dilakukan penuh suka cita. Semua tim yang tergabung bisa terjun tanpa pamrih. Pihaknya tidak ingin menebarkan kepanikan kepada masyarakat. Justru, masyarakat diminta tetap tenang dan waspada. Aktivitas preventif penting dilakukan untuk menangkal Covid-19.

"Kami getol sosialisasi kepada masyarakat bahwa Corona ini bisa disembuhkan. Syaratnya harus ada kemauan dari diri kita sendiri. Ayo mulai sekarang terapkan pola hidup sehat. Jangan dulu keluyuran kalau gak penting ya," tukasnya.

Hari Sasongko mengatakan apa yang dilakukan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini bisa menginspirasi yang lainnya untuk bergerak bersama memberantas Virus Corona (Covid-19). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES