Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Satu Pasien Positif Covid-19 Dijemput Petugas RSUD Cilacap

Rabu, 25 Maret 2020 - 23:14 | 141.68k
Suasana saat penjemputan pasien PDP. (FOTO: Estanto/TIMES Indonesia)
Suasana saat penjemputan pasien PDP. (FOTO: Estanto/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, CILACAP – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yang kemudian dinyatakan positif Covid-19 dijemput petugas kesehatan dan dibawa ke RSUD Cilacap, Rabu (25/3/2020) sore. Pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 4 tahun tersebut beralamat di Desa Karangsari, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga.

Dia dijemput sekitar pukul 16.00 WIB di Dusun Wlahar, Desa Bulupayung, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap.

Penjemputan yang memakan waktu sekitar 45 menit itu dihadiri Camat Kesugihan, Basuki Priyo Nugroho, Kapolsek Kesugihan, AKP R Gunung Krido Wahono, Kepala UPTD Puskesmas Kesugihan I, Adi Widjaya SKM, Danramil 06/Kesugihan, yang diwakili Sertu Rasidi, Kepala Desa Bulupayung, Ahmad Badari, dan perangkat Desa Bulupayung.

Disebutkan, anak ini pada Kamis (5/3/2020) bersama kedua orangtuanya pulang dari Jakarta dan Sumedang menuju Desa Bulupayung, tempat tinggal orangtua ibundanya.

Berangkat dari Jakarta menggunakan kereta api dan berhenti di stasiun Maos. Diketahui anak tersebut sudah dalam keadaan demam sejak di Jakarta.

Pada Senin (16/3/2020), anak tersebut dibawa ke RSUD Cilacap dan mendapat perawatan medis, serta diambil sampel (swab) untuk dikirim ke Jakarta.

Kemudian, pada Kamis (19/3/2020) pasien pulang dan menjalani rawat jalan. Pihak keluarga langsung mengisolasi diri, tidak pernah keluar rumah, karena sesuai anjuran medis.

Rabu (25/3/2020), hasil lab dari Jakarta menyatakan pasien positif Covid-19. Untuk itu, pihak Dinkes Kabupaten Cilacap dan RSUD Cilacap melakukan penjemputan pasien dengan menggunakan ambulans 119 PSC (Public Safety Center) Dinkes Cilacap dengan sopir dan 2 petugas medis menggunakan APD sesuai SOP penanganan Covid-19 untuk selanjutnya dirawat ke RSUD Cilacap.

Bupati Cilacap, H Tatto Suwarto Pamuji, Rabu (25/3/2020) sekitar pukul 19.00 WIB, mengatakan pasirn positif Covid-19 ini berada dalam kondisi stabil dan masih berada di ruang isolasi RSUD Cilacap.

"Kita segera lakukan contact tracking, serta karantina bagi yang pernah kontak dengan pasien, mungkin orangtuanya, saudaranya, tetangga, atau teman main dari pasien tersebut," jelas Tatto.

Tatto juga menyampaikan, saat ini Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Cilacap ada 123 orang, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 21 orang, 9 orang negatif, sedangkan 11 orang masih menunggu hasil lab, 2 orang meninggal.

Bupati berharap, masyarakat Cilacap tetap tenang, tidak panik, dan waspada. Patuhi segala aturan dan imbauan yang telah ditetapkan pemerintah. Cuci tangan sesering mungkin pakai sabun, makan makanan bergizi, jauhi kerumunan, dan keramaian orang untuk mencegah penyebaran Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Cilacap

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES