Ekonomi

Lawan Virus Corona, Ini Langkah D'Paragon Jaringan Kost Eksklusif Terbesar Indonesia

Rabu, 25 Maret 2020 - 20:15 | 246.03k
Manajemen PT. Royal D'Paragon Land ikut berpartisipasi melakukan pencegahan penyebaran virus corona. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Manajemen PT. Royal D'Paragon Land ikut berpartisipasi melakukan pencegahan penyebaran virus corona. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Kalangan pelaku bisnis hospitality management di Yogyakarta mengapresiasi langkah Presiden RI Jokowi yang tidak akan mengambil kebijakan lockdown dan mengutamakan social distancing dalam menghadapi kasus virus Corona atau Covid-19 di tanah air.

Kebijakan pemerintah itu didukung penuh termasuk oleh pengelola jaringan kost eksklusif terbesar Indonesia yang berada di bawah bendera D'Paragon yang menginduk pada PT Royal D'Paragon Land.

CEO D'Paragon, Muhammad Syarif Hidayat mengatakan menghadapi wabah Corona, jaringannya yang sudah tersebar ke seluruh pelosok Indonesia itu tetap beroperasi  untuk memberi solusi bagi perusahaan atau instansi yang membutuhkan perjalanan dinas dengan budget terbatas.

"Kami akan tetap menyediakan penginapan dengan budget murah tapi tetap mengedepankan fasilitas mewah yang ditambah dengan standar sanitasi bebas Corona di setiap kamar dan gedungnya," kata Muhammad Syarif Hidayat, Rabu 25 Maret 2020.

Langkah itu, ujar Syarif, disiapkan sebagai solusi terbaik menyikapi perlambatan yang terjadi di internal perusahaan dan instansi masing-masing sebagai efek dari social distancing.

Syarif mengungkapkan dalam menyikapi program pemerintah untuk antisipasi Corona, pihaknya telah memberikan fasilitas-fasilitas tambahan kepada konsumen sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Corona.

"Kami telah melakukan skema antisipasi dan strategi jauh hari untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona baik secara internal hingga jaringan D'Paragon di seluruh Indonesia," Syarif.

D'Paragon disebut telah menyediakan Fan Sanitizer, berupa kipas angin yang menghembuskan uap cairan sanitasi, yang diletakkan di area depan yang gunanya adalah untuk dipakai konsumen dalam melakukan disinfektasi seluruh badannya sebelum masuk ke kamar.

Selain itu dilakukan Thermometer Checker, yakni melakukan pengecekan suhu kepada calon tamu yang akan menginap, dan akan melakukan penolakan dan memberikan refund kepada tamu yang menunjukan tanda-tanda corona jika dilihat dari suhu badan.

Bagi konsumen juga telah disediakan Spot Strilizer, dengan meletakkan cairan hand sanitizer di banyak tempat pada setiap Gedung D'Paragon, agar dapat digunakan konsumen dalam menjaga kebersihan diri.

Yang tak kalah penting yakni disinfectation room dimana D'Paragon melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh kamar untuk setiap kamar harian setelah tamu cek out (untuk kamar harian), dan melakukan penyemprotan berkala setiap tiga hari di setiap kamar yang digunakan (untuk kamar bulanan).

Untuk kenyamanan konsumen disediakan pula Happy Room, dengan memberikan fasilitas free Netflix untuk konsumen bulanan agar tidak bosan selama program social distancing dari pemerintah dilaksanakan.

Syarif mengatakan menghadapi lebaran Idul Fitri nanti, pihaknya juga tidak akan melakukan perampingan karyawan selama program social distancing dilakukan dan menjamin seluruh karyawan akan tetap menerima gaji full dan tetap akan menerima THR di Hari Raya Idul Fitri nanti.

“Ini semua bagian dari kemanusiaan. Sehingga kami tetap memberikan hak penuh setiap karyawan, THR di Hari Raya Idul Fitri adalah hak karyawan kami," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini D'Paragon juga telah memiliki kerjasama eksklusif dengan Stern Resources Group (SR Group ) asal Amerika Serikat. Untuk selalu melakukan inovasi inovasi untuk lebih maju dan membuat nyaman pelanggan.

“Kami optimis, pasca badai pandemi Corona yang merebak di Indonesia bisa dihadapi bersama-sama, situasi akan jauh lebih baik karena bisnis hospitality management D'Paragon ini menjamin keterbukaan sekaligus berbagi secara transparan yang selalu akan dibutuhkan di masa mendatang," katanya.

Ia mengatakan dalam setahun terakhir D'Paragon juga telah melalukan pengembangan ke beberapa kota di Indonesia dengan total building yang terafiliasi dengan manajemen D'Paragon sebanyak 43 building.

Dalam kesempatan Hon. Cameron R. Hume selaku BOD member SR Group, pihak yang bekerjasama dengan D'Paragon mengatakan mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan D'Paragon dalam menyikapi isu Corona.

“Kami berharap sektor kesehatan Indonesia berdiri kokoh untuk membantu semua orang Indonesia pada saat yang sulit ini. Dan mengimbau semua masyarakat di Indonesia bersatu dan berpartisipasi melakukan bagian mereka untuk menghentikan penyebaran COVID 19 dengan salah satu cara menghindari pertemuan sosial dan tidak keluar rumah kecuali dalam memang ada yang mendesak dan penting," katanya.

Cameron berharap pandemi virus Corona segera teratasi dan terkontrol di seluruh dunia. Sehingga kegiatan bisnis bisa berangsur angsur membaik dan pulih kembali termasuk bisnis D'Paragon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES