Peristiwa Nasional

Jaga Daya Beli, Penerima Manfaat Kartu Sembako Terima Rp 200 Ribu Selama 6 Bulan

Rabu, 25 Maret 2020 - 17:35 | 49.13k
Presiden Joko Widodo. atau Kartu Sembako
Presiden Joko Widodo. atau Kartu Sembako

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Indonesia berupaya mengurangi dampak ekonomi terhadap masyarakat yang ditimbulkan oleh pandemi virus corona atau Covid-19. Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dan bantuan sosial untuk memberikan stimulus dan insentif bagi masyarakat. Di antaranya, para penerima manfaat Kartu Sembako akan mendapat tambahan sebesar Rp50 ribu.

"Jadi, program Kartu Sembako menjadi Rp200.000 per keluarga penerima yang diberikan selama enam bulan dan anggaran yang dialokasikan adalah sebesar Rp4,56 triliun,” kata Jokowi saat memberi keterangan pers di Istana Merdeka, Selasa (24/3/2020). 

Pemerintah menyadari akan adanya pekerja harian yang kehilangan penghasilan, pengusaha mikro dan kecil yang kehilangan pasar dan omzet, dan kemungkinan para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja. Untuk itu, pemerintah mempercepat implementasi program Kartu Prakerja, sekaligus meningkatkan kompetensi serta kualitas SDM.

Dengan alokasi anggaran sebesar Rp10 triliun, nantinya setiap peserta Kartu Prakerja akan diberikan honor insentif Rp1 juta per bulan selama 3-4 bulan. Semoga dengan pemberian stimulus ini, daya beli masyarakat tetap dapat dipertahankan.

Dalam kesempatan ini, Presiden mengapresiasi gerakan masyarakat yang telah turut menyosialisasikan, memasyarakatkan physical distancing atau jaga jarak aman yang terus mengingatkan semuanya untuk berdisiplin. “Karena hanya dengan kedisiplinan yang kuat kita dapat mencegah penyebaran Covid-19. Percayalah kita bangsa besar, kita bangsa petarung, bangsa pejuang, insyaallah kita bisa, insyaallah kita mampu dalam menghadapi tantangan global yang berat sekarang ini,” kata Presiden Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Adhitya Hendra

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES