Pendidikan

Rektor UAD Resmi Lantik Lima Wakil Rektor Baru Periode 2020 – 2024

Rabu, 11 Maret 2020 - 22:11 | 282.15k
Suasana Pelantikan lima Wakil Rektor UAD di Kampus 4. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)
Suasana Pelantikan lima Wakil Rektor UAD di Kampus 4. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali melaksanakan pelantikan Wakil Rektor UAD masa jabatan 2020-2024 pada Rabu (11/3/2020) pagi di Ruang Amphitarium Kampus 4 (Utama) UAD.

Lima Wakil Rektor UAD untuk setiap bidang yang dilantik adalah Drs. Parjiman, M.Ag, (Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan) Rusydi Umar, S.T, M.T, Ph.D (Bidang Akademik) Dr. Norma Sari, S.H, M.Hum (Bidang SDM), Utik Bidayati, S.E, M.M (Bidang Keuangan, Kehartabendaan dan Administrasi Umum). Kemudian, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Gatot Sugiharto, S.H., M.H

Wakil-Rektor-Baru-2.jpg

Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T dalam sambutannya menyampaikan tantangan UAD dan juga pendidikan tinggi di Indonesia saat ini memasuki fase yang sangat dinamis seiring dengan munculnya isu revolusi Industri 4.0 dan perubahan-perubahan regulasi serta kebijakan yang tak terduga. Tersedianya fasilitas-fasilitas open source yang dapat diakses dengan mudah melalui internet oleh masyarakat.

“Salah satu ciri revolusi ini telah muncul konsep-konsep baru dalam penyelanggaraan institusi pendidikan tinggi seperti cyber campus, cyber University, online University dan sejenisnya,” ucapnya

Menurutnya, hal tersebut menjadi pesaing besar UAD ke depan. Sementara proses pembelajaran kita selama ini sebagian besar adalah tatap muka (offline) dan ini juga yang harus menjadi antisipasi kita. Dua hal pokok itu yang akan kami lakukan ke depan.

Pada sisi lain, kebijakan baru dari pemerintah khususnya kampus merdeka telah membawa implikasi berubahnya kebijakan-kebijakan tata kelola secara internal yang kesemuanya itu harus kita respons secara cepat, tepat dan bijak.

Namun demikian, dalam mengantisipasi 4 kebijakan baru kampus merdeka itu yang menjadi prioritas UAD adalah terkait dengan pemberian peluang kepada mahasiswa untuk memperoleh Satuan Kredit Semester (SKS) 3 semester dari luar kampus.

“Satu semester adalah SKS yang peroleh dari luar program studi atau fakultas dan satu tahun atau 2 semester sisanya adalah SKS yang diperoleh melalui recognition maupun kerja-kerja voluntir di tempat-tempat tertentu misalnya daerah luar negeri,” ujarnya

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah V Prof. Didi Achjari, SE, M.Com menyampaikan ucapan selamat kepada para wakil rektor yang telah di lantik sebagai wakil rektor periode 2020-2024. Semoga amanah yang diemban bisa dijalankan dengan baik. Pekerjaan rumah kita masih banyak apalagi situasi era disrupsi ini dengan perkembangan sekarang yang begitu cepat dan perubahan juga cepat.

“Pemerintah juga merencanakan program kampus merdeka ini bukan hal yang muda untuk dihadapi oleh kampus-kampus kita terlebih kaitannya dengan kurikulum pendidikan,” katanya dalam sambutan acara pelantikan Wakil Rektor UAD masa bhakti 2020-2024.

Ia berharap, kerjasama yang terjalin sangat baik selama ini bisa dilanjutkan oleh para Wakil Rektor baru agar kita bersama-sama mencapai target kinerja yang harapkan terutama di LLDIKTI ini. Karena apapun yang kami lakukan di LLDIKTI ini pada akhirnya kembali kepada para perguruan tinggi yang ada di lingkungan LLDIKTI Wilayah V.

Acara pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Majlis Diklitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I.Yogyakarta, Senat UAD dan para utusan pejabat perguruan tinggi se Yogyakarta

“Rektor mengajak semua pihak di UAD untuk bersama-sama memajukan dan memakmurkan institusi ini agar mampu menjadi perguruan tinggi yang terkemuka dapat mencetak intelektual unggul berdaya saing tinggi, berkepribadian islami serta memiliki integritas moral dan inteletual,” kata Muchlas Rektor Universitas Ahmad Dahlan periode 2020 hingga 2024 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES