Peristiwa Daerah

Komnas Perlindungan Anak Beri Reward Polres Gresik

Senin, 09 Maret 2020 - 19:13 | 35.44k
Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait saat memberikan penghafgaan ke Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait saat memberikan penghafgaan ke Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKKomnas Perlindungan Anak atau Komnas PA memberikan reward ke jajaran Polres Gresik, Jawa Timur atas respon cepat penanganan kasus penculikan anak yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Selain bisa ungkap pelaku penculikan, polres dianggap bisa meredam situasi kamtibmas paska kejadian tersebut. Bahkan, polisi gencar melakukan road show ke beberapa wilayah untuk meredam kepanikan masyarakat.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait mengatakan penghargaan ini pantas diterima Polres Gresik yang berhasil mengamankan pelaku penculikan anak dan mengatasi keresahan warganya atas berita hoaks tentang penculikan anak sehingga stabilitas keamanan di Indonesia.

"Respon cepat dalam menangani kasus penculikan anak dapat meredam situasi kamtibmas di masyarakat sehingga tidak meluas didaerah-daerah lain di Indonesia," katanya.

Beberapa hari terakhir ini, ungkap Arist situasi tentang maraknya pemberitaan penculikan anak meresahkan masyarakat, apalagi soal berita hoaks yang sangat meresahkan warganet.

"Namun dengan penangkapan pelaku penculikan anak oleh polri dan imbauan -imbauan yang diberikan kepolisian dapat meredam masalah kamtibmas," ungkap dia.

Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, mengatakan usai ungkap kasus penculikan, pihaknya meredam keresahan masyarakat kita juga melakukan road show ke wilayah.

"Itu untuk memberikan sosialisasi tentang bahaya penyebaran berita hoaks yang nantinya dapat berdampak pada perbuatan persekusi," imbuhnya.

Untuk pencegahan lanjut Kusworo, perlu dikedepankan upaya preventif dan memberikan pendidikan kepada masyarakat dan mengajar masyarakat terlibat untuk mengawasi dan melindungi anak-anaknya.

"Selain upaya represif upaya preventif dan preemtif juga kita kedepankan," kata Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 2000 itu.

Kapolres Gresik menambahkan, pemberian penghargaan atau reward yang didapat dari Komnas Perlindungan Anak ini menjadi motivasi bagi jajaran Polres Gresik untuk mempertahankan kinerja dalam melayani dan mengayomi masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES