Wisata

Usai Direvitalisasi, Luthfi Hafiyyan Minta Pengunjung Curug Cinulang Ditingkatkan

Kamis, 05 Maret 2020 - 16:49 | 30.25k
Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan.
Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan.

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan berharap dengan revitalisasi Curug Cinulang di Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, pengunjungnya bisa meningkat signifikan. Dengan begitu, imbuh Luthfi, pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata pun bisa naik.

Luthfi ingin revitalisasi Curug Cinulang bukan sekadar dari sisi sarana dan prasarana yang ada di dalam obyek wisata Curug Cinulang saja, tapi juga dalam pengelolaan, pelayanan dan upaya peningkatan jumlah pengunjung. Bahkan jika perlu, kata dia, upaya promosi pun harus digencarkan agar upaya peningkatan kunjungan bisa lebih optimal.

"Salah satunya yang masih menjadi PR ke depan dari Curug Cinulang ini adalah bagaimana caranya agar bus pariwisata ukuran besar bisa akses masuk menuju Curug Cinulang," kata Luthfi usai rapat kerja dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung di Ruang Komisi B DPRD Kabupaten Bandung, Kamis (5/3/2020).

Luthfi menambahkan, selama ini bus berukuran besar susah masuk ke Curug Cinulang yang hanya bisa memarkirkan bus-nya di bawah, yang masih cukup jauh ke lokasi wisata. 

Edisi-Kamis-curug-5-Maret-2020.jpg

"Sekarang bus ukuran tiga perempat sudah bisa masuk karena sudah ada pelebaran jalan. Tinggal bagaimana caranya agar bus ukuran besar ini bisa masuk sampai Curug Cinulang dan parkirnya juga tidak jauh dari curug," imbuh Luthfi.

Anggota DPRD Kabupaten Bandung Dapil IV ini mengungkapkan, jika bus besar tidak bisa masuk, para wisatawan yang dibawa dengan bus besar hanya bisa turun di bawah dan melanjutkan perjalanan menuju curug dengan mobil angkutan yang lebih kecil. 

"Dan angkutan mobil itu banyak dikeluhkan terlalu mahal bagi wisatawan. Ini harus diperhatikan agar wisatawan juga bisa meningkat ke depan," tandas Luthfi. 

Apalagi, imbuh Luthfi, revitalisasi Curug Cinulang ini mendapatkan bantuan Gubernur Jawa Barat sebesar Rp2,5 miliar dan dari Pemkab Bandung Rp1 miliar. Menurutnya anggaran revitalisasi tersebut dikucurkan secara multiyears. Bahkan tahun 2020 ini Bangub untuk revitalisasi Curug Cinulang ditambah lagi Rp2,5 miliar. 

"Kemudian nanti tahun 2021 kita dorong untuk mendapatkan bantuan hingga Rp4,5. Saya rasa ini anggaran yang besar dan kita harus upayakan agar hasil revitalisasi ini bisa maksimal, terutama dalam upaya peningkatan PAD di sektor pariwisata," papar Luthfi Hafiyyan terkait revitalisasi Curug Cinulang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bandung

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES