Gaya Hidup

10 Tips Efektif Menumbuhkan Minat Membaca

Rabu, 04 Maret 2020 - 10:02 | 3.96m
Gambar buku motivasi dan novel (foto: koleksi machmuda)
Gambar buku motivasi dan novel (foto: koleksi machmuda)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – “Membaca adalah cendela dunia.” Siapa yang tidak tahu slogan yang satu ini? Hampir seluruh dunia tahu, tetapi meskipun membaca menawarkan begitu banyak manfaat.

Anehnya minat para masyarakat sangat rendah, terutama masyarakat indonesia.

Berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan minat membaca.

1.    Meluruskan Niat dan Motivasi
Hal yang satu ini harus ada, agar jika suatu saat minat membaca Anda mulai berkurang Anda akan mengingat kembali apa yang menjadi niat awal untuk membaca. Nah jika Anda sudah tahu niat apa yang ingin  diwujudkan. Misalkan Anda memiliki niat menumbuhkan minat membaca untuk menambah wawasan pengetahuan, jadikan niat yang baik ini sebagai motivasi dan semangat kalian dalam belajar dan membaca.

2.    Mulai Meminta Rekomendasi dan Membuat List
Saat Anda sudah melurusan niat ada baiknya, mulai meminta saran kepada orang-orang yang kalian kenal yang suka membaca, bisa dosen, saudara ataupun teman, terkait buku apa yang bagus untuk dibaca. Karena biasanya saat awal-awal kita tidak tahu buku mana yang memiliki isi yang bagus dan mudah dipahami. Dengan meminta saran kamu bisa membuat list mengenai informasi buku apa saja yang menjadi rekomendasi untuk dibaca. Jangan sampai kalian salah memilih buku sehingga mengurungkan niat untuk membaca buku karena merasa berat.

Edisi-Kamis-5-Maret-2020-membaca.jpg

3.    Membeli Buku
Hal yang tidak kalah penting adalah membeli buku. Anda  bisa mencoba untuk mengoleksi buku dengan membeli buku yang kalian minati untuk dibaca. Jangan ragu-ragu untuk menyisikan uang Anda untuk membeli buku sebagai investasi masa depan. Dari rekomendasi yang Anda dapat, bisa menjadi acuan buku apa yang ingin dibeli. Jangan terlalu sering membeli buku minimal seminggu sekali atau dua minggu sekali.

4.    Menyisikan Waktu dan Durasi Membaca
Cobalah menyisihkan waktu Anda untuk membaca. Jangan menunggu Anda tidak sibuk, tapi sisihkan waktu sebentar 10-15 menit untuk membaca. Jangan memaksakan diri untuk membaca dalam waktu yang lama sehingga membuatmu lelah dan bosan. Lakukan membaca dengan durasi waktu secara bertahap jangan memaksakan diri membaca dalam waktu yang lama. Biarkan diri Anda terbiasa dengan rutinitas ini secara perlahan. Bukan tidak mungkin dengan perlahan kalian bisa bertahan membaca 1-2 jam.

5.    Meningkatkan Rasa Ingin Tahu
Saat rasa ingin tahu Anda tinggi otomatis minat membaca tanpa disadari akan ikut meningkat. Cobalah menambah referensi bacaan di perpustakaan, internet atau melalaui koran. Saat rasa ingin tahu menjadi tinggi, Anda akan mulai  suka membaca dan menghabiskan waktu berlama-lama untuk menuntaskan rasa penasaran dan keingin tahuaan yang ada ingin selesaikan.

6.    Memilih tema yang diminati
Deengan mengetahuai bacaan apa yang Anda minati, Anda dapat meningkatkan minat membaca karena menyukai bahan bacaannya. Jangan memaksakan diri membaca hal yang tidak kalian sukai karena itu akan membuat Anda mudah bosan saat membaca. Coba temukan genre apa yang kamu sukai bisa cerpen, novel, atau puisi. Percayalah cepat atau lambat minat membaca kalian akan meningkaf. Genre buku yang kalian sukai juga akan bertambah seiring berjalannya waktu. Saat kecintaan terhadap membaca mulai tumbuh pesat Anda akan menyukai bacaan apa saja  dan genre apa saja. Tapi ingat lakukan hal yang Anda minati terlebih dahulu.

7.    Manfaatkan Waktu Menunggu
Tak ada salahnya saat menunggu seseorang, menunggu jemputan atau jadwal keberangkatan stasiun ataupun pesawat, bisa Anda gunnakan untuk membaca buku. Daripada kalian menunggu hanya berdiam diri saja saambil milihat jam tangan berdenting ada baiknya kalian gunakan untuk membaca. Dengan membaca Anda juga tidak akan merasaakan bosan. Kalian bisa membaca apa saja bisa membaca artikel-artikel di interner atau Anda membawa buku bacaan sendiri itu lebih baik. 

8.    Membuat Target Membaca
Jangan setengah-setengah saat melakukan hal-hal baik yang positif. Buatlah target dalam sehari harus berapa lama membaca dan berapa buku yang harus kalian selesaikan dalam sepekan atau paling lama sebulan. Cobalah bertanggung jawab dengan target-target yang Anda buat, dengan begitu Anda akan memiliki dorongan untuk memyelesaikan bacaan anda.

9.    Membaca Saat Istirahat atau Sebelum Tidur
Nah untuk yang satu ini adalah waktu yang paling efisien karena saat kita membaca pada saat seeblum tidur akan membuat isi dari buku yang Anda baca bisa mudah dipahami dan melekat dalam pikiran kalian. Karena pada saat kalian tidur otak beristirhat dengan sangat baik sehingga bacaan Anda bisa gampang diingat. Selain itu menguatkan ingatan Anda tentang apa yang dibaca.

10.    Seringlah berdikusi
Kegiatan satu ini akan menambah wawasan Anda. Saat Anda sering malakukan diskusi akan ada pertukaran informasi dan pengetahuan yang bisa Anda dapatkan. Meskipun teman diskusi kita berbeda genre membacanya tidak ada salahnya bertukar informasi. Anda juga bisa berdikusi dengan teman-teman komunitas. Saat sering berdiskusi wawasan kalian akan meningkat dan anda bahkan bisa merasa haus untuk selalu membaca banyak buku atau bacaan lainnya.

Itulah 10 Tips Menumbuhkan Minat Membaca yang bisa Anda lakukan. Jangan menunda-nuda lakukanlah sekarang. Ingat jangan memaksakan diri membaca terlalu lama. Lakukan secara bertahap dan bacalah seperlunya.

Hal yang tak kalah penting bacalah semampu mata kalian membaca jangan terlalu kelelahan juga. Anda juga bisa belajar bagaimana cara efektif membaca agar paham melalui buku yang  baca. Cobalah lakukan tips diatas dari sekarang secara konsisten dan maru kita lihat bersama nanti apa yang bisa Anda dapatkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES